Menanti Iron Man Dunia Nyata yang Akan Lahir di Negeri Piza
Iron Man, robot dalam film fiksi (foto: pixabay)

Bagikan:

ACEH - Hingga saat ini manusia belum memiliki jenis robot humanoid yang ramping dan canggih serta setelan mech seperti yang ada di film-film. Namun, para peneliti di Institut Teknologi Italia (IIT) selangkah lebih dekat untuk mencapai impian fiksi ilmiah mereka tentang robot humanoid udara atau semacam Iron Man di dunia nyata.

Para peneliti ingin membuat robot triple-threat yang mampu terbang, berjalan dengan dua kaki, dan memanipulasi objek seperti pintu dan katup. Menurut mereka, robot semacam itu bisa membantu pemeriksaan di dalam dan di luar gedung ketika terjadi bencana alam.

Menuju Iron Man di Dunia Nyata

Rencana peluncuran robot telah dikerjakan di IIT selama beberapa tahun. Baru-baru ini para peneliti mulai bereksperimen dengan versi tambahan dari robot iCub mereka. iCub yang luar biasa adalah robot “seukuran anak berusia lima tahun”, kata situs web IIT.

"Robot itu bisa merangkak dengan keempat kakinya, berjalan dan duduk untuk memanipulasi objek," kata penilitian itu seperti dikutip VOI dari sea.ign.com. Pasang beberapa mesin propulsi pada benda itu dan itu menjadi iRonCub.

iRonCub, seperti namanya, memiliki mesin di tangan dan kakinya yang diharapkan memungkinkannya terbang seperti Iron Man. Ada banyak ahli matematika yang terlibat dalam membuat penerbangan Iron Man-esque terjadi, jadi iRonCub belum benar-benar melayang di udara, tetapi harus mengambil langkah satu demi satu agar bisa terwujud. Proyek robotika ini diklaim akan mirip dengan Tesla Bot milik CEO Tesla, Elon Musk.

Artikel ini telah tayang dengan judul Iron Man Segera Muncul di Dunia Nyata, IIT Kembangkan Robot Triple-Threat.