Inilah Tips Membangun Hubungan Baik Ibu dengan Anak Perempuan
Ilustrasi Ibu dan Anak (Elina Fairytale/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Anak perempuan biasanya lebih dekat dengan ayahnya, bukan dengan ibunya. Menurut penelitian, hal itu disebabkan oleh sifat ayah dan anak perempuan yang saling berlawan, tetapi melengkapi. Ayah bisa melindungi serta memercayai anak perempuannya tanpa benar-benar melepaskan mereka dari pandangan dan jangkauan. Tips membangun hubungan baik ibu dengan anak perempuan bisa membantu agar anak dekat dengan kedua orang tuanya.

Sosok ibu tak jarang mudah bertengkar dengan anak perempuannya karena sama-sama perempuan. Diktuip VOI dari All Woman Talk, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan antara ibu dengan anak perempuan. 

Tips Membangun Hubungan Baik Ibu dengan Anak Perempuan

Terima kenyataan

Jika hubungan yang dimiliki cukup tegang, penting untuk menyadari bahwa Anda tidak bisa mengubahnya dalam semalam. Butuh waktu untuk membangun hubungan baik. Jika ada beberapa masalah besar yang menyebabkan banyak kerusakan pada hubungan, Anda perlu mengatasi masalah tersebut sebelum mulai membangun hubungan yang lebih baik.

Belajar setuju dan tidak setuju

Sama seperti hubungan lainnya, perselisihan antara ibu dengan anak perempuan juga sering terjadi.  Jika ada sesuatu yang Anda berdua sama sekali tidak setuju, mungkin hal terbaik adalah setuju untuk tidak setuju. Jika Anda dan anak perempuan tetap bersikeras, maka berdebat tidak akan memperbaikinya. 

Belajar memaafkan

Dalam sebagian besar hubungan ibu-anak, ada kalanya salah satu atau keduanya pernah saling menyakiti. Baik ibu, maupun anak perlu sadar jika ingin memiliki hubungan  baik, maka harus mencoba untuk memaafkan. Penting juga untuk memaafkan diri sendiri atas hal-hal yang Anda rasa salah dilakukan.

Jadikan hubungan sebagai prioritas

Jika benar-benar serius ingin meningkatkan hubungan ibu dan anak, maka Anda harus menjadikannya prioritas. Cobalah lakukan beberapa aktivitas bersama dengan anak perempuan. Misalnya, rencana berbelanja,  makan malam, atau pergi ke bioskop. 

Jika Anda memutuskan melakukan aktivitas bersama, pastikan itu adalah aktivitas yang akan kalian nikmati. Jangan menjadwalkan perjalanan belanja jika Anda tak suka berbelanja. Anda tidak akan menikmatinya karena melakukan hal tersebut secara terpaksa.

Harus ada kerja sama

Hubungan yang sukses tidak bisa sepihak. Untuk memiliki hubungan ibu-anak yang baik, Anda dan anak perempuan harus bisa mewujudkannya bersama-sama. Jika saat ini Anda berada dalam hubungan sepihak, mungkin Anda dapat memulai percakapan tentang keinginan untuk meningkatkan hubungan kalian. Setelah percakapan dimulai, Anda dapat membuat beberapa saran sederhana tentang cara memulai hubungan. Pastikan Anda dan anak menyetujui langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan hubungan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Trik Membangun Hubungan Harmonis antara Ibu dan Anak Perempuan.

Selain tips membangun hubungan baik ibu dengan anak perempuan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh