7 Perlakuan Ibu kepada Anak Perempuan yang Harus Diperhatikan demi Masa Depan
Ilustrasi ibu dan anak perempuan (Pexels/Gustavo Fring)

Bagikan:

ACEH – Ibu perlu memberi putrinya pengetahuan untuk bekal masa depan. Perlakuan ibu kepada anak perempuan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Bukan berarti anak laki-laki tidak membutuhkannya. Tetapi perbedaan karakter memungkin pemberian asupan pengetahuan yang berbeda. Hal berikut di bawah ini yang perlu diberikan oleh ibu kepada putrinya ketika beranjak mandiri.

Beberapa Perlakuan Ibu kepada Anak Perempuan yang Penting

  1. Mengajarkan bahwa dia cukup baik

Acap kali anak tidak yakin dengan kemampuannya. Bahkan ia merasa berkecil hati pada apa yang ia sukai. Karena itu buah hati perlu diajarkan bahwa ia cukup baik, memiliki potensi, dan tidak perlu takut akan penghakiman.

  1. Berikan dukungan terbesar

Anak perempuan perlu tahu bahwa ibunya bisa diandalkan ketika mengalami putus cinta, gelombang perubahan hormon dan suasana hati, hingga persoalan pekerjaan. Hindari memberikan penghakiman maupun memberi kritik karena membuat keputusan yang salah. Tawarkan dukungan, berikan perhatian, dan waktu untuk bercerita kapan saja ketika butuh bercerita.

  1. Alokasikan waktu berkualitas bersama anak

Sesibuk apapun Anda, mengalokasikan waktu satu hingga dua jam untuk duduk bercerita bersama anak-anak tentu akan membuat mereka merasa lebih aman serta nyaman. Selalu sempatkan waktu untuk berjumpa dengan mereka, menatap mata.

  1. Percaya sepenuhnya

Meski perlu berkali-kali memberikan tanggung jawab hingga putri kesayangan melunaskan tugasnya dan dapat dipercaya sepenuhnya. Tetapi kepercayaan perlu diberikan sedari buah hati Anda mulai mandiri.

  1. Ketenangan

Penelitian membuktikan bahwa berteriak pada anak-anak membuatnya jadi agresif, merasa tidak nyaman, lebih berpotensi mengembangkan kecemasan, dan memiliki harga diri yang rendah. Maka, kontrol emosi sehingga enggak mudah marah. Terus perbaiki temperamen dan bangun ketenangan.

  1. Berikan "ruang"

Terlalu dikontrol, dihamiki, diarahkan, hingga tidak memiliki ruang tak akan membuat mental buah hati berkembang secara mandiri. Untuk membesarkannya sebagai gadis mandiri, biarkan ia membuat pilihannya sendiri.

Ketika membuat kesalahan dan mengalami kegagalan, dampingi dan beri pengetahuan bahwa setiap manusia pernah merasakannya. Terlebih penting lagi, ajari buah hati untuk memaafkan dirinya sendiri.

  1. Mengajarkan bahwa tubuhnya adalah miliknya sendiri

Apabila buah hati Anda mendekati masa-masa puber dan pertama menstruasi, berikan penjelasan secara detil tentang tubuh perempuan. Berikan pengetahuan antara bagaimana membedakan ‘sentuhan’ yang baik dan sentuhan yang buruk. Pengetahuan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengenali hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang lain pada anggota tubuhnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Hal Ini yang Perlu Diberikan Ibu kepada Anak Perempuannya.

Selain perlakuan ibu kepada anak perempuan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!