Trik Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca oleh Orang yang Mematikan Centang Biru
Cara Mudah Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca, Meskipun Centang Biru Dimatikan (Olhar Digital)

Bagikan:

ACEH – Ada banyak fitur yang dimilki oleh aplikasi pesan WhatsApp, salah satnya mematikan penanda “telah dibaca penerima pesan”  berupa centang biru. Beberapa orang memilih mematikan fitur ini demi privasinya. Namun, pengirim pesan kadang butuh kepastian apakah pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum.

Kadang pengirim pesan melihat kontak yang dikirimi pesan sedang online, tetapi tidak kunjung membalas pesan yang dikirim. Kalau centang biru dimatikan, pengirim juga tidak tahu apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Jangan gundah! Anda tetap bisa mengetahui apakah pesan yang dikirimkan itu sudah dibaca atau belum. Ada trik khusus yang bisa Anda coba.

Untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca, pengguna dapat mengeceknya dengan membuat grup obrolan WhatsApp, kemudian mengirimkan pesan baru di grup tersebut.

Jika Anda masih bingung untuk melakukan trik tersebut, pengguna dapat memgikuti langkah-langkah yang telah dirangkum tim VOI di bawah ini dan mempraktikannya secara langsung.

Grup WhatsApp untuk Tahu Pesan WhatsApp Sudah Dibaca

Langkah pertama untuk mengetahui apakah obrolan WhatsApp Anda sudah dibaca adalah membuat grup WA yang berisi Anda dan kontak yang ingin Anda ketahui apakah sudah membaca pesan Anda.

Selanjutnya, kirim pesan ke grup obrolan tersebut. Anda dapat menuliskan apa saja di grup tersebut karena fungsinya adalah untuk mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke dalam grup obrolan yang Anda buat, dan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Klik menu "Info" untuk mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca.

Akan muncul notifikasi pesan tersebut sudah diterima oleh kontak di grup dan pesan sudah dilihat. Jika pesan tersebut sudah dilihat oleh kontak di grup tersebut maka pesan yang Anda kirim secara pribadi sebelumnya sudah dibaca oleh orang tersebut.

Dengan demikian, meskipun tanda centang biru sudah dimatikan, Anda tetap bisa mengetahi apakah pesan yang Anda kirim sudah dibaca atau belum.

Setelah mengetahui pesan Anda sudah dibaca atau belum oleh kontak tersebut, pengguna dapat menghapus grup tersebut atau membiarkan grup tersebut tetap ada untuk mengecek pesan Anda sudah diterima atau tidak dengan cara yang sama.

Demikian adalah cara untuk mengetahui pesan yang Anda kirim sudah dibaca atau belum dengan membuat grup baru di aplikasi WhatsApp.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Mudah Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca, Meskipun Centang Biru Dimatikan.

Selain cara tahu pesan WhatsApp sudah dibaca, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!