"Smartphone" Hilang? Amankan Akun WhatsApp Anda dengan Cara Ini
WhatsApp (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Tak ada yang bisa memperkirakan nasib sial atau apes. Bahkan, kita pun bisa kehilang smartphone–meskipun sering digenggam dan digunakan. Maka dari itu, cara mengamankan akun WhatsApp berikut wajib Anda ketahui.

Sudah bukan rahasia lagi jika hampir semua aktivitas komunikasi kini dilakukan lewat WhatsApp. Baik untuk bertukar informasi dengan teman, hingga update informasi terkini lewat grup WhatsApp tertentu–seperti grup WA bisnis, dagang, atau jenis lainnya.

Ya, kini, hampir berbagai aktivitas manusia bisa dilakukan lewat aplikasi chat ini. Dan berkat pandemi, kita semakin membutuhkan WhatsApp untuk memenuhi beragam kebutuhan. Mulai dari bekerja, belajar, hingga sekadar bertukar kabar.

Tak ayal, kita pun akhirnya menyimpan banyak data penting dan personal pada akun WhatsApp. Jenis data yang bisa merugikan pengguna jika diakses oleh peretas. Maka, saat HP hilang, wajar jika kita mengkhawatirkan persoalan data.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp HP Hilang

Persoalan data pribadi adalah persoalan krusial. Tidak bisa kita remehkan dan pandang sebelah mata. Maka dari itu, saat smartphone Anda hilang, segera jalankan salah satu cara mengamankan akun WhatsApp di bawah.

Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kemungkinan data pribadi menyebar dan dipakai untuk kepentingan yang merugikan. Berikut ini langkah demi langkah yang dirangkum tim VOI dari berbagai sumber.

Permintaan Memblokir Kartu SIM

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yakni memblokir kartu SIM. Jika sudah, ajukan pembuatan kartu SIM baru menggunakan nomor yang Anda gunakan pada gerai provider terdekat. Lalu, Anda bisa segera mengaktifkan akun WA pada HP yang sudah disiapkan.

Mengapa hal ini perlu Anda lakukan pertama kali? Berdasarkan kebijakan WhatsApp, setiap akun hanya bisa aktif pada satu perangkat saja. Maka dari itu, dengan mengaktifkan akun WA Anda pada HP lain, secara otomatis akun WA di HP yang hilang pun akan keluar. Data-data pribadi pada akun WhatsApp Anda akan lebih terjaga, bukan?

Ajukan Permintaan Pemblokiran Akun ke WhatsApp

Barangkali, saat HP hilang, Anda tengah berada di pedalaman. Atau Anda sedang ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal–sehingga membuat Anda tidak bisa mendatangi gerai provider terdekat.

Jika hal itu yang sedang Anda alami, tetap tenang. Anda bisa mengirimkan surat elektronik ke [email protected]. Isi subyek pada surel tersebut dengan “Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya”.

Sebagai pelengkap data, sertakan pula nomor telepon yang Anda gunakan, namun menggunakan format internasional. Ketikan nomor akun WA pada badan email.

Meskipun Anda mengajukan penghapusan, akun yang dipakai tidak sepenuhnya terhapus. Pengguna lain masih bisa melihat foto profil dari akun WA Anda. Mereka juga masih bisa mengirimkan pesan, namun dengan status tertunda selama 30 hari.

Agar pesan-pesan tersebut masuk ke akun, maka Anda perlu mengaktifkan kembali. Harap dicatat, jalankan salah satu cara mengamankan akun WhatsApp di atas begitu HP hilang. Dengan begitu, data pribadi yang terdapat pada HP pun bisa tersimpan dan tidak menyebar.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul HP Hilang? Segera Lakukan Cara Ini Buat Mengamankan Akun WhatsApp. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!