Belajar dari Aksi Polisi Banting Mahasiswa, Bidpropam Polda Banten Awasi Personel Pengamanan Unjuk Rasa Buruh
Bidpropam Polda Banten pantau pengamanan demo di kantor KP3B (Polda Banten)

Bagikan:

ACEH – Pada Rabu, 10 November Bidpropam Polda Banten mengawasi personel kepolisian yang melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa oleh Aliansi Serikat Serikat Buruh yang dilaksanakan di depan Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Hal ini dilakukan agar tak terjadi aksi polisi banting mahasiswa seperti yang pernah terjadi.

Perilaku brutal anggota kepolisian berinisial Brigadir NP tersebut telah melanggar standar operasional prosedur (SOP). Aksi itu terjadi saat mahasiswa berdemo di kantor Bupati Tangerang beberapa waktu lalu.

Dalam pengamanan kasi kali ini, Kasubbid Provos Bidpropam Polda Banten, Kompol Muhammad Andra Wardhana, mengatakan bahwa personel Propam Polda Banten turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan personel yang sedang mengamankan aksi unjuk rasa.

"Personel Propam Polda Banten turun langsung mengawasi personel yang melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa, pengawasan tersebut guna mencegah terjadinya pelanggaran SOP dalam pengamanan," terang Andra melalui keterangan yang diterima VOI, Kamis, 11 November.

Mencegah Pelanggaran SOP Layaknya Aksi Polisi Banting Mahasiswa

Andra mengatakan seluruh personel yang akan melakukan tugas pengamanan sudah diberikan arahan agar menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada, dan agar pada pelaksanaan pengamanan unjuk rasa selalu mengedepankan pendekatan humanis, tegas, dan terukur sesuai dengan tupoksi.

"Sebelum melakukan pengamanan aksi unjuk rasa seluruh personel telah mendapatkan arahan dari pimpinan untuk bagaimana cara bertindak dilapangan, antara lain yaitu melakukan pengamanan yang humanis dan tidak melakukan aksi-aksi yang tidak sesuai SOP," terang Andra.

Hingga akhirnya aksi unjuk rasa buruh berjalan dengan aman dan kondusif. Massa mulai bergerak pulang tanpa ada keributan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Ingin Lagi Ada Insiden Polisi Banting Mahasiswa, Pengamanan Demo Buruh di KP3B Dipantau Provos Bidpropam.

Selain polisi banting mahasiswa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!