Inilah Alasan Beras Merah Dinilai Lebih Sehat Dibanding Beras Putih
Ilustrasi beras merah dianggap lebih sehat daripada beras putih (Pexels/Roman Odintsov)

Bagikan:

ACEh – Salah satu hal yang dijadikan ukuran Kesehatan suatu bahan makanan adalah jumlah kandungan kalori, termasuk pada beras merah yang dinilai lebih sehat dari berar putih. Apakah hanya jumlah kalori yang jadi ukuran?

Dilansir HuffPost, Chloe McLeod, dietitian dan konsultan nutrisi di Sydney, menjelaskan bahwa beras baik dikonsumsi, tetapi juga bergantung pada porsinya. Porsi beras (nasi) harus seimbang dengan intensitas berolahraga. Selain itu, pengombinasian jenis makanan juga harus tepat.

“Untuk semua orang, waktu terbaik untuk mengonsumsi nasi adalah saat aktivitas fisik Anda, karena ini adalah saat tubuh menggunakan dan membutuhkan karbohidrat untuk kinerja dan pemulihan,” kata McLeod.

Nutrisi utama yang terkandung dalam nasi yang diolah dari beras adalah karbohidrat. Jumlah pastinya tergantung pada varietasnya. Berdasarkan sebuah studi, dalam 100 gram beras putih terdapat 79 persen karbohidrat. Dalam takaran yang sama, beras merah mengandung 68 persen karbohidrat.

Alasan Beras Merah Dinilai Lebih Sehat daripada Beras Putih

Meskipun begitu, beras pada umumnya mengandung zat besi, magnesium, vitamin B, dan serat. Jumlahnya pun bervariasi tergantung jenis berasnya. Lalu, mengapa beras merah dianggap lebih sehat daripada beras putih?

“Alasan utama nasi merah lebih sehat adalah seputar indeks glikemik. Indeks glikemik mengacu pada seberapa cepat tubuh akan mencerna karbohidrat. Kami ingin angka itu sedekat mungkin dengan satu,” tutur McLeod.

McLeod menjelaskan lebih lanjut, “Kalau melihat nasi basmati yang biasanya berwarna putih indeks glikemiknya sekitar 63. Sedangkan indeks glikemik beras berah sekitar 50.”

Alasan lain yang melatarbelakangi anggapan bahwa beras merah lebih sehat dibanding beras putih ialah bahwa beras putih memiliki lapisan terluar yang sesungguhnya sehat. Tetapi dihilangkan karena dianggap kuman dan kotor. Akibatnya banyak beras putih yang diproses sehingga menghilangkan cukup banyak vitamin dan mineral sehingga nutrisinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan beberapa varietas lain.

Kandungan serat dalam beras merah juga lebih banyak daripada beras putih. Dalam 100 gram beras merah memiliki 3,1 gram serat dan beras putih 2,1 gram. Namun, menurun McLeod, beras putih bukan pilihan yang ‘buruk’ tetapi bagi kebanyakan orang nasi putih bukan pilihan terbaik.

Mengapa begitu? Kondisi tubuh seseorang juga menjadi ukuran sehat tidaknya makanan yang dimakan. Misalnya, bagi penderita diabetes, beras merah memang lebih baik. Tetapi bila mengonsumsi beras putih, maupun juga beras merah, penting untuk mempertimbangkan porsi, kombinasi, dan jam makan.

Satu lagi alasan mengapa beras merah lebih sehat, sebab mengandung anthocyanin seperti dalam blueberry atau buah-buahan dan sayuran berwarna merah keunguan. Antosianin merupakan kandungan antioksidan yang mampu membantu melancarkan pembuluh darah.

Artinya, terdapat lima alasan mengapa beras merah dianggap lebih sehat daripada beras putih. Pilihan lain selain beras merah dan beras putih, ada beras hitam dan beras cokelat yang memiliki keunggulan masing-masing.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengapa Beras Merah Dianggap Lebih Sehat daripada Beras Putih? Begini Alasannya.

Selain beras merah dinilai lebih sehat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!