Berita Teknologi: Usai Jalani Tes, Akhir Tahun Diselenggarakan Balap Kendaaraan Terbang
Balapan kendaraan listrik terbang akan digelar akhir tahun (Instagram/airspeeder)

Bagikan:

ACEH – Belum lama ini kendaraan balap terbang bertenaga listrik pertama di dunia menyelesaikan tes yang dibutuhkan. Tes tersebut dilakukan untuk lepas landas pada akhir tahun 2021 dalam serangkaian balapan internasional.

Awalnya, peluncuran perdana global multicopters Airspeeder yang dikendalikan dari jarak jauh tersebut dijadwalkan berlangsung pada 2020. Namun, seperti banyak peluncuran yang lain, Airspeeder juga mesti menunda peluncurannya akibat pandemi COVID-19.

Kisah Airspeeder dimulai pada musim panas 2019, yaitu saat Matthew Pearson membagikan ambisinya untuk menciptakan seri balap dengan kendaraan terbang berteknologi listrik, seperti yang dilaporkan Euronews Green.

Uji Coba Kendaraan Terbang Digelar di Australia Selatan

Perusahaan yang bertanggung jawab atas pengembangan, Alauda Aeronautics dan perusahaan saudaranya Airspeeder, belum lama ini mengumumkan bahwa Alauda Airspeeder Mk3—multicopter sepanjang empat meter—telah menggelar uji terbang tak berawak yang pertama.

Penerbangan pertama tersebut dilakukan di lokasi uji yang dirahasiakan di gurun Australia Selatan di bawah pengawasan Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA), seperti dilansir Euronews pada Jumat, 18 Juni.

Tes yang berhasil ini akan memungkinkan penyelenggara untuk menggelar seri balapan 'Airspeeder EXA' akhir tahun ini di tiga lokasi internasional yang akan segera diumumkan. Mereka berjanji untuk bekerja dengan pilot elite yang diambil dari penerbangan dan motorsport.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Sukses Jalani Ujicoba, Akhir Tahun Ini Kita Bisa Nikmati Balapan Kendaraan Terbang. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!