Google I/O Akan Segera Digelar, Ini Bocoran Teknologi yang Akan Diluncurkan
Google I/O (The Verge)

Bagikan:

ACEH - Acara tahunan Google I/O akan segera dimulai. Acara konferensi pengembang tahunan itu akan digelar pada 18 hingga 20 Mei. Sejumlah bocoran tentang detail acara yang diselenggarakan secara virtual itu ditunjukkan, salah satunya adalah tampilan Android 12.

Dikutip dari The Verge, Senin 17 Mei, Jon Prosser melalui laman YouTube-nya menunjukkan bocoran menyoal sistem operasi terbaru Google itu meliputi pengalaman baru, perlindungan privasi, keamanan yang lebih kuat, serta semua perangkat bekerja lebih baik bersama-sama.

Agenda Google dalam I/O

Menariknya, dalam video Prosser menunjukkan antarmuka pengguna baru untuk Android 12, termasuk widget media baru, tombol kecerahan, widget cuaca, widget jam analog, tombol tunda atau tutup dan panel notifikasi yang berubah.

Android 12 versi beta developer pertama sebenarnya telah dirilis pada Februari 2021, kemungkinan dalam acara Google I/O versi beta publik dari Android 12 juga akan diluncurkan. 

Tak hanya Android 12, menurut laman Android Authority, Google juga akan memperkenalkan smartphone terbarunya, yaitu Pixel 5a. Perlu diingat, selama pandemi, pasokan chip global mengalami penurunan produksi.

Jadi, besar kemungkinan Pixel 5a tidak langsung dijual ke publik dalam waktu dekat. Rumor lain juga menyebutkan bahwa Google akan memperkenalkan jam pintar pertamanya, yaitu Pixel Watch.

Beberapa waktu lalu, Prosser sempat memperlihatkan penampakan jam tangan berbentuk bulat yang berjalan di WearOS versi baru. Dari bocoran itu, tampak jam tangan tanpa bezel, tidak ada tombol fisik dan memiliki sensor detak jantung.

Pixel Buds juga dikatakan akan meluncur di Google I/O, sebab beberapa waktu lalu Pixel Buds seri A tak sengaja bocor di Twitter. Kabar beredar, Pixel Buds seri A akan diperkenalkan di Google I/O dan banyak yang berharap kalau earphones TWS ini akan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Ada desas-desus bahwa Samsung mungkin akan membuat jam tangan pintar berbasis WearOS yakni Galaxy Watch 4. Ini akan menjadi jam tangan pintar non-Tizen pertama dari merek tersebut sejak 2014. Sistem operasi untuk perangkat wearables Android dari Google itu juga diharapkan meramaikan Google I/O dengan beberapa pembaruan. 

Meskipun WearOS mendapat banyak kritik karena masa pakai baterai yang buruk dan perangkat keras yang berat, ia masih memiliki pendukung yang cukup baik.

Google Asisstant juga Asisten disebut-sebut akan hafir diperhelatan tersebut, dengan mengusung beberapa fitur baru yang lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Assistant juga diharapkan akan hadir ke lebih banyak ponsel Android.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Bocoran Teknologi yang Bakal Diumumkan Google I/O Besok. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!