Bank Mandiri Optimistis Memandang Pertumbuhan Kredit 2021
Pelayanan keuangan di Bank Mandiri. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH – PT Bank Mandiri Tbk optimistis bahwa pertumbuhan kredit akan tumbuh pada kuartal II 2021. Harapan tersebut akan menjadi angin segar setelah sebelumnya mengalami tekanan yang cukup kuat pada periode 2020 karena pandemi COVID-19.

Menurut Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan, digitalisasi sektor pembayaran adalah salah satu pendorong meningkatnya aktivitas konsumsi masyarakat.

Oleh sebab itu, ia menilai intermediasi perbankan tahun ini akan mengalami perbaikan, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun ini yang terus memasuki tren positif, kami melihat pertumbuhan kredit akan membaik sekitar 5 persen," terang Panji dalam Media Gathering Virtual Economic Outlook & Industri Kuartal II 2021, Rabu, 19 Mei.

Kinerja Bank Mandiri Kuartal I Terus Membaik

Menurutnya, kinerja Bank Mandiri pada kuartal I 2021 terus menunjukkan tren positif dengan kualitas yang terjaga. Ia mengatakan, secara konsolidasi total aset Bank Mandiri tumbuh cukup tinggi, yaitu mencapai 20 persen secara year-on-year (y-o-y).

“Kredit Bank Mandiri secara ending balance bertumbuh sebesar 9,1 persen y-o-y, sedangkan secara average balance, kredit tumbuh 8,1 persen y-o-y,” jelasnya.

Selain itu, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) mencapai 25,5 persen y-o-y. Nilai tersebut jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan DPK industri perbankan, yaitu 9,5 persen.

Likuiditas yang cukup longgar itu tidak lepas dari kebijakan Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuan BI 7-day reverse repo rate (7DRR) ke level terendah sepanjang sejarah 3,5 persen untuk memicu pemulihan ekonomi.

Tak hanya itu, berbagai kebijakan stimulus fiskal, moneter, dan makroprudensial juga sudah dilakukan, misalnya pembebasan PPn di sektor otomotif dan pelonggaran aturan Loan to Value Ratio (LTV) bagi perbankan untuk memacu pertumbuhan kredit.

"Kami cukup optimis bahwa kinerja perseroan akan terus membaik untuk periode 2021, didorong oleh perbaikan ekonomi nasional yang terus berlanjut dan juga perbaikan kinerja industri perbankan secara keseluruhan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Bank Mandiri Targetkan Pertumbuhan Kredit 5 Persen Hingga Tutup Buku 2021. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!