Mengenal "Chipset" Mobil Otonom Volkswagen
Ilustrasi Volkswagen (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Volkswagen (VW) sepertinya tidak puas dengan daya komputasi off-the-shelf pada mobil self-driving-nya. Dikabarkan, perusahaan berencana merancang chip sendiri untuk mobil otonomnya yang punya performa tinggi.

"Untuk mencapai kinerja yang optimal mengingat tuntutan tinggi yang ada untuk mobil, perangkat lunak dan perangkat keras harus keluar dari satu tangan," ungkap Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess, seperti dilansir Autoblog, Senin, 3 Mei.

Chip VW Tentukan Target Pasar

Seperti pada perusahaan teknologi lainnya, Tesla dan Apple, chip tersebut akan memberi VW kompetensi yang lebih tinggi dalam menentukan prosesor dan target pasarnya.

Lainnya, tentu saja langkah ini mungkin bakal menjadi kunci tujuan VW untuk menjadi merek yang lebih gesit dan kemajuan dibidang teknologi. Sayangnya, tidak ada informasi untuk detail dari chipset VW tersebut.

Meski demikian, VW tidak akan membuat chip itu sendiri tanpa uluran tangan yang lebih profesional. Perusahaan hanya menginginkan hak paten. Oleh karena itu, divisi perangkat lunak VW, Cariad akan berkembang untuk mengembangkan keahlian yang relevan.

Diketahui, Tesla mengandalkan perangkat keras NVIDIA standar untuk mobil sebelumnya, tetapi telah beralih ke chip khusus yang memberinya kontrol lebih besar atas bagaimana Full Self-Driving dan Autopilot akan berkembang.

Demikian pula, banyak yang memuji keunggulan kinerja Apple yang terus meningkat untuk desain prosesor internal. Apple dapat membuat CPU yang sesuai dengan strategi produk idealnya alih-alih membentuk ponsel dan komputer di sekitar peta jalan chip orang lain.

Namun, sepertinya untuk menjajal kemampuan chip terbaru VW tersebut, kita harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu. Karena masih tidak jelas kapan mobil self-driving VW itu bakal meluncur hingga tahun 2025, sementara dunia saat ini sedang mengalami krisis pasokan chipset.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Produksi Mobil Otonom, Volkswagen Kembangkan Chipset Buatan Sendiri. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!