Mengenal 6 Jenis Kulit Wajah agar Tidak Salah Perawatan
Ilustrasi kulit wajah (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Sebelum membeli produk perawatan, sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit wajah Anda agar tidak menimbulkan iritasi atau efek buruk yang lain. Setelah itu, sesuaikan produk dengan jenis kulit Anda.

Dalam produk perawatan, setidaknya ada empat jenis kulit yang dicantumkan, yaitu kuli berminyak, kulit kering, kulit normal, dan kombinasi. Sementara, dikutip dari HerStory, sebenarnya ada enam jenis kulit wajah dengan perawatan yang berbeda-beda.

Berbagai Jenis Kulit Wajah

1.    Kulit normal

Kulit normal mengacu pada kulit yang tak mengalami berbagai kondisi kulit secara berlebihan. Dengan kata lain, wajah Anda tak akan terlalu kering, berminyak, ataupun berjerawat. Mantap!

2.    Kulit berminyak

Kulit berminyak menjadi salah jenis kulit wajah yang paling mudah dikenali. Wajah orang dengan kulit berminyak akan tampak mengkilap dalam satu atau dua jam meski tak menggunakan pelembab, terutama bagian dahi, tengah hidung, dan dagu.

Cara merawat kulit jenis ini adalah menggunakan produk skincare berbahan dasar ceramide, panthenol, dan centella asiatica extra yang bisa membantu merawat dan memperbaiki kulit yang rusak. 

3.    Kulit kering

Orang dengan kulit kering cenderung merasa kulitnya sangat kencang setelah mencuci wajah, terutama jika tak menggunakan pelembab dalam satu atau dua jam setelah pembersihan. Bagian wajah yang kering khususnya bagian sekitar mata dan mulut.

Pemilik kulit kering perlu menggunakan skincare berbahan dasar phytosphingosine, moroheiya, dan birch tree sap yang dapat membantu mengurangi gatal pada kulit akibat kekeringan, melembabkan kulit, dan memperkuat skin barrier.

4.    Kulit berjerawat

Jerawat bukanlah masalah yang terjadi pada remaja. Kulit yang cenderung berjerawat, cenderung lebih mudah tersumbat karena minyak yang lebih tebal yang dapat terperangkap di bawah folikel dan tak bisa muncul ke permukaan. Kulit berjerawat juga akan memiliki jerawat secara teratur, bukan pada masa tertentu saja.

5.    Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai dengan cara ia bereaksi terhadap produk perawatan dan faktor-faktor seperti sinar UV matahari. Kalau Anda menderita alergi musiman, mengalami eksim, atau menderita asma, kemungkinan kulit Anda sensitif.

6.    Kulit kombinasi

Kulit kombinasi biasanya merujuk pada kulit yang sedikit berminyak di area T-zone dan kering pada bagian lainnya. Namun, kulit kombinasi bisa berupa yang berjerawat dan sensitif di waktu yang bersamaan atau rawan jerawat dan kering. Pada kasusnya setiap orang memiliki kombinasi yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Berkenalan dengan 6 Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!