Info Kesehatan: 4 Jenis Makanan untuk Asam Urat agar Tidak Nyeri Sendi
Ilustrasi ceri (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Penyakit asam urat merupakan salah satu bentuk artritis akibat kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Hal tersebut menyebabkan terbentuknya kristal-kristal yang menumpuk di sekitar persendian sehingga menyebabkan nyeri.

Ada beberapa makanan yang bisa meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Tak usah khawatir, makanan untuk asam urat ini tidak susah ditemukan. Anda bisa mendapatkannya di dapur.

Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat

1.    Seledri

Seledri dianggap punya kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat. Anda bisa menyantap daun seledri mentah atau diolah terlebih dahulu, seperti dijadikan jus atau suplemen.

Akan tetapi, tidak ada saran khusus terkait porsi yang harus dikonsumsi per hari. Anda bisa mengonsumsi dalam jumlah yang cukup, jangan terlalu berlebihan ya!

2.    Jahe

Tips selanjutnyua adalah dengan jade. Jahe memang punya banyak manfaat, salah satunya adalah membantu mengatasi nyeri sendi. Anda bisa menggunakannya secara topikal, seperti mengompres air jahe pada bagian yang mengalami gejala penyakit asam urat untuk meredakan nyeri selama 15—30 menit.

Jahe juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah bagi mereka yang mengalami hiperurisemia. Penderita disarankan mengonsumsi air jahe sebanyak tiga cangkir per hari.

3.    Apel

Buah apel mengandung malic acid yang bisa menurunkan kadar asam urat. Namun, belum banyak penelitian yang bisa mendukung klaim tersebut.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengonsumsi satu buah apel setiap harinya karena baik untuk kesehatan. Namun, jangan dibarengi dengan konsumsi gula yang berlebihan.

4.    Ceri

Menurut beberapa riset, buah ceri cukup ampuh dalam meredakan dan mencegah serangan penyakit asam urat. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah ini setidaknya selama dua hari berturut-turut.

Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, penderita asam urat juga boleh mengonsumsinya dalam bentuk jus serta ekstrak buah ceri.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Rajin Konsumsi Makanan Ini, Bisa Bantu Turunkan Asam Urat. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!