Jangan Dimanja Terus! Biasakan si Kecil Mengerjakan Beberapa Pekerja Rumah untuk Anak Berikut Sejak Sekarang
Ilustrasi anak membantu orang tua (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Anak bisa ikut membantu mengerjaka berbagai pekerjaan rumah untuk membantu orang tua. Hal ini penting dilakukan karena selain meringankan beban orang tua, anak juga berlatih disiplin dan mandiri.

Berikut ini ada beberapa pekerjaan rumah yang bisa dilakukan anak. Jangan khawatir, beban pekerjaannya tak memberatkan dan malah berdampak positif bagi anak.

Beberapa Pekerjaan Rumah untuk Anak

1.    Membereskan mainan

Kegiatan ini perlu dibiasakan oleh setiap anak setelah selesai bermain. Ini juga bisa sedikit meringankan pekerjaan sekaligus mengajarkan anak lebih disiplin dan tanggung jawab.

2.    Mengelap tumpahan minuman atau makanan

Setidaknya, anak akan mengetahui perlunya membereskan apa yang telah tercecer. Apalagi yang membuat minuman atau makanan tercecer adalah si anak.

Akan tetapi, berikan pemahaman terlebih dahulu. Tugas kecil ini akan lebih mudah dilakukan anak jika diberi contoh oleh orang tuanya.

3.    Membersihkan debu

Membersihkan debu bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk oleh buah hati, khususnya di areanya sendiri. Anda dapat meminta tolong anak untuk membersihkan meja belajarnya sendiri ketika terlihat berdebu.

Agar anak melakukannya dengan gembira, bangun suasana ceria dan hindari memberikan ‘perintah’ yang memberatkan atau mengganggu waktunya bermain.

4.    Bermain dengan adik 

Tentu mengkhawatirkan melakukan tugas besar untuk anak yang masih terbatas kemampuannya. Untuk menjaga adik, berikan pengawasan ketat. Tetapi tugas ini mendidiknya lebih bertangggung jawab jika dilakukan secara bertahap. Ini juga akan meningkatkan kedewasaan dari sang kakak.

5.    Mencuci peralatan makan

Mencuci peralatan makan yang menggunung tentu sulit dan tidak direkomendasikan. Tetapi anak-anak bisa membantu Parents untuk meniriskan piring yang telah dicuci atau menyimpannya dalam storage atau rak peralatan makan.

6.    Merapikan pakaiannya sendiri

Sebelum membuat anak lebih mandiri, cobalah ajari menggantungkan pakaian mereka sendiri setelah melepasnya. Misalnya, setelah bepergian memakai jaket, mintalah anak untuk menggantungkan jaket yang ia kenakan. Jika pakaian kotor, biasakan memasukkan dalam keranjang.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 8 Aktivitas yang Dapat Dilakukan Anak untuk Membantu Orang Tua di Rumah. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!