Penting! 3 Bahaya Makan Sambil Tiduran
Ilustrasi makan (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Makan sambil tiduran atau rebahan tak jarang dilakukan oleh orang-orang karena memberikan kenyamanan. Makan sambil tiduran kadang dilakukan ketika menonton film atau membaca buku. Padahal, posisi makan yang seperti itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jangan remehkan risiko yang ditumbulkan dari makan sambil tiduran. Salah satu bahayanya adalah kematian. Agar tidak membahayakan tubuh, simak pengetahuan singkat berikut.

Bahaya Makan Sambil Tiduran

1.    Risiko tersedak

Salah satu yang bisa terjadi jika seseorang makan sambil tiduran adalah tersedak. Makanan yang ditelan bisa menyumbat saluran pernapasan, dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

2.    Memperlambat pencernaan

Risiko lain dari makan sambil tiduran adalah melambatnya pergerakan dan proses pencernaan. Posisi tidur memungkinkan naiknya asam lambung dan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan, seperti kembung, mual, begah, dan sakit perut. 

3.    Risiko GERD

GERD merupakan kondisi ketika esofagus bagian bawah tidak menutup dengan benar setelah menelan makanan. Hal ini memungkinkan asam lambung dan makanan naik kembali. Ternyata makan sambil tiduran dapat memicu GERD. 

Sebaiknya, jangan makan sambil tiduran untuk mencegah GERD. Jika Anda penderita GERD, disarankan untuk tidak berbaring 3-4 jam setelah makan untuk mencegah asam lambung dan makanan kembali naik.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Risiko Makan sambil Tidur yang Perlu Kamu Ketahui. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!