Alasan Kucing Makan Rumput, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi alasan kenapa kucing kadang makan rumput (Unsplash/Piotr Musiol)

Bagikan:

ACEH - Pernah Anda melihat kucing makan rumput? Kucing adalah hewan karnivora, lalu kenapa mereka kadang memakan rumput? Kucing kadang makan rumput jenis tertentu, seperti rumput yang berasal dari biji-bijian, seperti gandum, barley, rye, oat, dan alfalfa.

Sudah ada banyak penelitian dan survei yang dilakukan untuk mengetahui alasan kucing kadang makan rumput. Jika dalam satu penelitian, hal tersebut belum terjawab. Namun, rangkaian penelitian  tampaknya bisa menjawab alasan kucing kadang mengunyahi pucuk rumput.

Data Kucing Makan Rumput

Aktivitas ini dahulu sempat dipercaya sebagai cara kucing menenangkan perut. Dalam survei yang dilakukan pada 2021 dalam jurnal Characteristics of plant eating in domestic cats oleh Benjamin L. Hart, dkk. dari University of California, ditemukan bahwa 65 persen responden melaporkan kucing makan rumput setiap minggu. Hanya 6 persen yang melaporkan kucingnya sakit sebelum mengunyah tanaman. Sementara, sebanyak 37 persen melaporkan kucing sering muntah setelah makan rumput.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kucing tidak benar-benar makan tanaman agar mereka merasa lebih baik sebab 94 persen kucing dalam survei baik-baik saja sebelum makan apa pun.

Hipotesis lain mengenai alasan kucing memakan rumput adalah untuk membantu mengeluarkan bola rambut atau hairball. Dikutip VOI dari The Spruce Pets, kucing makan rumput untuk menenangkan perut mereka karena menelan hairball.

Hairball adalah bulu rambut yang rontok dan termakan saat mereka ‘mandi’ atau menjilati tubuhnya. Makan rumput, membantu kucing memuntahkan hairball atau ketika mereka buang air besar. Gagasan ini mungkin lebih diterima karena pada beberapa kasus, kucing memuntahkan rumput yang telah ia makan bersama hairball.

Makan Rumput Dilakukan Berbagai Jenis Kucing

Pendapat dan studi lain juga menemukan bahwa ada alasan berbeda kenapa kucing kadang makan rumput. Alasannya, untuk mengendalikan dan mengeluarkan parasite usus. Studi yang dilakukan di Belgia mengamati berbagai karnivora liar, termasuk spesies Canidae, tetapi juga kucing liar, lynx, puma, dan macan tutul. Studi ini menunjukkan bahwa makan rumput bukan hanya perilaku kucing domestik, tetapi juga perilaku alami pada seluruh family kucing.

Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, baiknya menyediakan rumput khusus untuk kucing yang bisa dibeli di pet shop. Sebab jika anabul makan rumput liar, bisa terkontaminasi pestisida dari tanaman di sekitarnya. Belum lagi berisiko memakan rumput berparasit.

Meskipun masih perlu dipastikan faktor yang menjadi alasan kucing kadang makan rumput, tetapi kebiasaan ini relatif aman buat mereka. Asalkan rumput tidak berpestisida dan bebas parasit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenapa Kucing Kadang Makan Rumput? Menurut Studi: Untuk Mengatasi Hairball dan Parasit.

Selain alasan kucing makan rumput, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.