Manfaat Minum Teh Hijau Setiap Hari untuk Kesehatan
Ilustrasi manfaat minum teh hijau setiap hari (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Jika Anda punya gaya hidup yang menuntut kelincahan, minuman penambah energi biasanya jadi pilihan. Padahal, ada hal yang lebih baik dan sehat, yaitu teh hijau. Ya, manfaat teh hijau untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan oleh penelitian. 

Teh hijau mengandung senyawa bioaktif polifenol, yaitu senyawa yang bisa membantu melawan kanker serta mengurangi peradangan. Selain itu, ada senyawa katekin yang menjadi antioksidan alami untuk mencegah kerusakan sel.

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Anda bisa meminumnya sebagai minuman sehari-hari. Minuman ini bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, sedikit kandungan kafein yang ada di teh bisa menjadi stimulan untuk meningkatkan dopamine dan norepinefrin atau dikenal sebagai hormon suasana hati.

Dikutip VOI dari Healthline, beberapa studi melaporkan bahwa banyak orang punya energi yang lebih stabil dan lebih produktif saat minum teh hijau. Penelitian ilmiah juga menjelaskan bahwa teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme.

Dalam sebuah penelitian, 10 pria sehat diminta meminum ekstrak teh hijau. Hasil dari penelitian tersebut, kalori yang terbakar meningkat hingga 4 persen. Namun, beberapa penelitian lain efeknya berbeda-beda. Itu berarti efektivitas pembakaran kalori tergantung pada individu dan detail dilakukannya penelitian.

Teh hijau juga menurunkan kemungkinan penuaan otak. Jika Anda mudah lupa atau sulit mengingat, maka tak ada salahnya menyeduh teh hijau di kala waktu istirahat. Manfaat positif lain dari minum teh hijau, yaitu mengurangi bau mulut. Ini disebabkan senyawa katekin dalam teh hijau yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Teh Hijau untuk Orang Diet

Minuman dengan rasa getir sedikit pahit tetapi terasa menenangkan ini juga aman diminum oleh penderita diabetes. Namun perlu diperhatikan, tidak disarankan menambahkan gula sembarangan. Sebaiknya gunakan gula khusus yang aman bagi penderita diabetes. 

Bagi Anda yang sedang diet, menyeduh teh hijau juga jadi alternatif untuk meningkatkan metabolisme jangka pendek. Sebuah studi yang melibatkan 240 orang membuktikan bahwa kelompok yang minum teh hijau setiap hari mengalami penurunan persentase lemak tubuh, berat badan, lingkat pinggang, dan lemak peruk yang signifikan.

Ketika Anda minum racikan teh hijau dalam program diet, masukkan atau hitung sebagai menu utama ya. Apalagi jika menambahkan krim atau susu di dalamnya.

Untuk Anda yang ingin lincah dalam beraktivitas, seduh teh hijau sebelum memulai aktivitas. Anda juga bisa meminumnya ketika menutup hari agar merasa lebih rileks.