Catat! 8 Benda yang Tak Boleh Ditinggal Di Mobil saat Terparkir
Ilustrasi benda atau barang yang tidak boleh ditinggal dalam mobil (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Orang kadang meninggalkan beberapa barang di mobil karena dianggap akan perlu digunakan lagi di dalam mobil atau akan dibawa lagi dengan mobil. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada barang yang tak boleh ditinggal di mobil. Jika sedang bepergian jauh kemudian Anda perlu keluar dari mobil untuk beberapa waktu, misalnya di penginapan, sebaiknya benda tersebut dibawa di dalam tas.

Benda-benda tertentu bisa mengalami penurunan kualitas jika ditinggalkan di mobil. Beberapa benda lain bisa memberikan hasil yang lebih berbahaya jika ditinggal di dalam mobil. Mungkin Anda masih sering meninggalkan beberapa benda ini karena dianggap tidak berbahaya. Berikut ini VOI sampaikan beberapa benda yang sebaiknya tidak ditinggal di dalam mobil. 

Daftar Benda yang Tak Boleh Ditinggal di Mobil

1. Obat

Saat Anda membawa obat-obatan, simpanlah dalam kantung yang aman. Akan lebih baik jika menyimpannya di dalam kotak kedap udara. Satu hal yang paling penting, jangan tinggalkan kantung dan kotak obat tersebut di dalam mobil!

Sebagian besar obat harus dibiarkan dalam suhu kamar. Namun, suhu di mobil yang diparkir dan tak digunakan akan berubah sehingga mengubah kandungan obat dan membuatnya jadi kurang efektif saat digunakan.

2. Benda elektronik

Berbagai barang elektronik, seperti laptop, smartphone, dan disk menyimpanan data yang berisi informasi penting bisa menjadi incaran dan dengan mudah dicuri jika Anda tinggalkan di dalam mobil yang terparkir. Jika Anda dalam posisi menyimpan laptop di mobil, pastikan mobil tersebut dalam pengawasan.

3. Tabir surya

Sedang dalam perjalanan wisata, jangan sampai meninggalkan tabir surya dari hand bag Anda. Dengan dibiarkan di dalam mobil, tabir surya dapat menurun efektivitasnya. Dilansir Reader’s Digest, panas dalam mobil dapat menyebabkan botol tabir surya rentan meledak.

4. Botol air

Ingin menjalani gaya hidup sehat, Anda selalu membawa minuman di dalam mobil. Namun, pada botol air dari bahan dengan tulisan BPA dan ftalat, jika dibiarkan memanas maka bahan kimia tersebut bisa larut ke dalam air. Artinya, jangan meninggalkan botol air mineral berbahan plastik dalam mobil yang sedang berhenti atau terparkir.

5. Kacamata

Terdapat kompartmen pada dasbor mobil untuk meletakkan barang, termasuk barang kecil seperti kacamata. Tetapi meninggalkan kacamata atau kacamata hitam di dasbor membuat kualitasnya memburuk, kata juru bicara American Optometric Association, Susan Thomas.

6. Wine

Setelah sampai tujuan, jika membawa wine, segera pindahkan ke tempat yang sejuk. Karena membiarkan botol wine dalam mobil dengan suhu tinggi dapat membuat cairannya mengembang dan keluar dari botol.

7. Bahan makanan

Ketika mengakhiri perjalanan atau tiba sampai rumah, segera pindahkan bahan makanan atau belanjaan Anda keluar dari mobil. Alasannya, beberapa makanan mudah rusak jika dibiarkan dalam mobil. Bahan makanan tersebut perlu segera dimasukkan dalam lemari es dalam waktu dua jam.

8. Lipstik

Lipstik memiliki ketahanan batas dalam suhu tertentu. Jika dibiarkan dalam ruangan kedap dan suhu meninggi ketika mobil selepas digunakan, lipstik bisa meleleh. Jaga agar lipstik tidak berubah dan bawa keluar bersama tas jinjing daripada membiarkannya dalam mobil.

Artikel ini telah tayang dengan judul 8 Benda yang Tak Boleh Ditinggal dalam Mobil, Botol Air Pernah?

Selain benda yang tak boleh ditinggal di mobil, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.