Ingin Mencukur Bulu Wajah untuk Maksimalkan Penyerapan Skincare? Ketahui Dulu Beberapa Fakta Berikut
Ilustrasi (Puhhha/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Jika Anda suka dan sering menonton konten kecantikan di media sosial, kegiatan mencukur bula wajah pasti bukan hal yang mengejutkan. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat kulit terlihat lebih bersih dan cerah. Selain itu, cukup bulu wajah disebut mempermudah penyerapan skincare dan membuat makeup tampak lebih menempel. Apakah hal tersebut benar?

Mencukur bulu wajah merupakan aktivitas menghilangkan bulu halus (peach fuzz) di permukaan kulit wajah. Hal ini akan membuat pori-pori kulit wajah lebih mudah dijangkau makeup sehingga riasan lebih mudah menempel. Namun, ada beberapa fakta soal cukur wajah yang perlu Anda diketahui.

BACA JUGA:


Efek Mencukur Bulu Wajah

Mencukur wajah tak hanya akan menghilangkan bulu halus, tetapi juga bisa menjadi bentuk exfoliator mekanik (fisik) untuk mengangkat sel kulit mati. Kegiatan ini bisa jadi hal yang baik bagi beberapa perempuan, tetapi juga bisa menjadi hal yang tidak baik bagi yang lain. 

Periksalah terlebih dahulu kondisi kulit Anda sebelum memutuskan untuk mencukut wajah. Jika kulit mengalami beberapa kondisi seperti eksim, psoriasis, atau jerawat, mencukur bulu wajah bisa memperburuk iritasi dan menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jadi, hindari mencukur bulu wajah saat kulit sedang iritasi atau berjerawat. 

Lalu, apakah mencukur bulu wajah akan membuatnya tumbuh lebih tebal? Dikutip VOI dari Healthline, mencukur membuat ujung rambut menjadi tumpul, membuatnya terasa kasar dan keras sehingga menciptakan ilusi rambut menjadi lebih gelap atau lebih tebal. Mencukur rambut wajah tidak membuatnya tidak lebih tebal atau mengubah warnanya. 

Cara Mencukur Bulu Wajah 

Lalu, bagaimana cara yang tepat mencukur bulu wajah agar tidak menyebabkan iritasi? Berikut caranya.

  1. Pastikan memilih pisau cukur yang tajam dan steril. Anda bisa menggunakan pisau cukur alis yang mudah dikendalikan.
  2. Wajah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum proses cukur Pastikan keadaan kulit wajah basah atau lembap pada saat bercukur. Bila kulit Anda kering, gunakan shaving gel.
  3. Mulailah mencukur searah tumbuhnya rambut halus dan tidak sebaliknya.
  4. Setelahnya, bersihkan kembali wajah dan berikan pelembap berbahan dasar air yang tidak mudah menyebabkan iritasi.
  5. Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan aktif keras seperti retinol sesaat setelah bercukur, hal ini dapat mengakibatkan inflamasi.

Terkait