Manfaat Latihan Angkat Kaki untuk Keseimbangan, Mobilitas, dan Kesehatan
Ilustrasi (Kaique Rocha/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Ada manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan latihan mengangkat jari kaki dan mengangkat kaki bagian atas dengan bertumpu pada tumit. Beberapa manfaat latihan angkat kaki adalah keseimbangan, kekuatan otot-otot kaki bagian bawah, peningkatan mobilitas. Berbagai hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi masa tua, yaitu agar tetap sehat. 

"Mengangkat kaki adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah," terang Grayson Wickham, DPT, CSCS, pendiri Movement Vault, seperti dikutip VOI dari Antara.

Latihan Angkat Kakai untuk Kelancaran Peredaran Darah

Latihan tersebut juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Dalam pengembalian darah dari seluruh bagian tubuh menuju jantung, pembuluh darah bergantung pada kontraksi otot. Terkait hal tersebut, pembuluh darah yang ada di sekitar kaki dan pergelangan kaki butuh waktu paling lama atau usaha yang lebih keras karena efek gravitasi dan jarak yang lebih jauh dibandingkan bagian tubuh yang lain. 

"Di situlah latihan pergelangan kaki, seperti angkat kaki, berguna. Latihan ini dapat membantu memfasilitasi aliran darah dengan membantu pembuluh darah Anda untuk mengangkut darah (melalui kontraksi otot) kembali ke jantung Anda dan, dalam prosesnya, memasok semua oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya," jelas Wickham.

Cara Melakukan Latihan Angkat Kaki

Demi mencapai hasil maksimal, tips yang bisa Anda lakukan adalah menargetkan jumlah repetisi yang lebih tinggi dari latihan sebelumnya yaitu, melakukannya sebanyak mungkin sampai semampu Anda, menurut Wickham. Untuk memulainya, pertama-tama berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Dengan bertumpu pada tumit, angkat jari-jari kaki dan bagian depan kaki Anda dari lantai.

Hanya tumit Anda yang harus tetap di tanah. Berhenti sebentar, lalu turunkan kaki Anda ke tanah. Ulangi gerakan ini selama 15--20 kali.

Cobalah lakukan gerakan angkat jari ini dua hingga tiga set setidaknya dua kali seminggu, bersama dengan peregangan pergelangan kaki untuk mempertahankan mobilitas maksimum dan persendian yang sehat.