Manfaat Makan Tomat untuk Kulit, Terlindung dari Sinar UV
Ilustrasi manfaat makan tomat mencegah kulit rusak terbakar matahari (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Kulit bisa terbakar oleh terik matahari saat siang hari. Hal tersebut bisa dicegah dengan cara sederhana, yaitu makan tomat. Manfaat makan tomat untuk kulit salah satunya adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinat UV. 

Sinar UV matahari bisa membuat kulit memerah, muncul ruam, dan membuat warna kulit jadi lebih gelap. Berdasarkan temuan peneliti di Universitas Michigan, tomat bisa menjadi tabir surya alami untuk kulit. Peneliti mengungkapkan, tomat mengandung likopen. Ini merupakan antioksidan yang mempertahankan sel dari serangan radikal bebas.

Manfaat Makan Pasta Tomat untuk Kulit

Temuan para peneliti menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 40 gram pasta tomat setiap hari mendapatkan 16 miligram likopen. Dengan hal tersebut, kulit akan lebih terlindungi dari efek paparan sinar UV dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi pasta tomat.

Efek paparan radikal bebas dari sinar UV bisa merusak sel-sel kulit. Lychopene dalam tomat bertindak sebagai perisai pelindung untuk mempertahankan sel dari serangan. Likopen lebih banyak ditemukan dalam pasta tomat dibanding tomat segar. Selain itu, tomat juga mengandung pigmen yang disebut dengan lutein. Fungsinya dapat membantu menghidarasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain tomat, beberapa buah lain juga bisa dikonsumsi sebagai variasi. Salah satu manfaatnya sama seperti tomat, yaitu melindungi kulit dari efek paparan sinar UV.

Buah Lain yang Baik untuk Kulit

Buah-buahan tersebut antara lain semangka, blackcurrant, buah beri, dan anggur hitam. Dikutip VOI dari The Health Site, cokelat hitam dan teh hijau juga memiliki khasiat yang sama, yaitu menjaga sel kulit bertahan dari sengatan matahari dan tetap cantik bersinar.

Cokelat berbahan kakao yang mengandung fenol dan katekin. Kedua zat tersebut melindungi kulit dari sengatan matahari dan kanker kulit. Bahkan menurut studi, kakao adalah sumber antioksidan yang baik. Nah, tetapi hindari menambahkan susu ke dalam cokelat karena dapat mengganggu efektivitas penyerapan antioksidan.