5 Tips Tidur Malam Berkualitas dengan Aktivitas Sederhana
Ilustrasi (Zohre Nemati/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Masih banyak orang yang abai atau tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur terkait durasi dan kualitas, padahal efeknya terhadap kesehatan sangat besar. Secara umum, orang dewasa butuh tidur selam 7--9 jam dalam sehari sesuai kebutuhan. Namun, ada berbagai hal yang membuat orang dewasa kekurangan jam dan kualitas tidur. Hal tersebut bisa diatasi dengan tips tidur malam berkualitas.

Beberapa tips merupakan hal yang sangat sederhana, tetapi sering diabaikan atau memang tak ingin dilakukan. Untuk lebih jelas, berikut VOI paparkan beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

Tips Tidur Malam Berkualitas dengan Aktivitas Sederhana

Kondisi Gelap

Suasana adalah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur. Buatlah kondisi kamar senyaman mungkin. Selain kenyamanan, cobalah membuat kamar Anda gelap saat mau tidur.

Suasana kamar yang nyaman dan gelap bisa memberi sinyal ke otak bahwa itu merupakan saat di mana Anda harus tidur. Selain itu, kondisi kamar gelap juga akan memicu produksi hormon melatonin yang bisa memicu rasa kantuk.

Jauhkan Perangkat Elektronik

Tips selanjutkan berhubungan dengan ponsel. Ponsel, terutama ponsel pintar, merupakan salah satu benda yang bisa membuat Anda menunda-nunda tidur. Selain itu, perangkat elektronik lain, seperti gawai, mengeluarkan blue light yang bisa menekan produksi hormon melatonin ketika kamar Anda berada pada kondisi yang gelap.

Relaksasi

Ada baiknya sebelum tidur Anda melakukan relaksasi. Mengatur napas secara rutin sebelum tidur dapat membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih tenang dan menghilangkan kecemasan yang sedang mengganggu pikiran.

Hindari Kafein dan Alkohol

Kopi mengandung alkohol yang akan membuat Anda menjadi lebih sulit tidur. Selain kopi, alkohol juga dapat membuat kualitas tidur menurun dan dan mengganggu siklus tidur.

Batasi Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk tubuh. Namun tidur siang yang terlalu lama dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur pada malam hari. Anda sebaiknya membatasi waktu tidur siang Anda tidak lebih dari 20 menit.