Langkah-Langkah Membuat Ketupat yang Lembut, Padat, dan Kenyal
Ilustrasi langkah membuat ketupat (Freeimages/elyanna samsudin)

Bagikan:

JAKARTA – Ketupat merupakan makanan pengganti nasi yang populer disajikan saat lebaran. Biasanya disandingkan dengan opor ayam, rendang, pun tak jarang sambal goreng kentang.

Cara membuat ketupat memang sederhana. Bahan yang dibutuhkan pun hanya 1 macam saja, tetapi kerap gagal dan tekstur terlalu keras atau beras tidak rekat satu sama lainnya. Oleh sebab itu, berikut ulasan singkat tentang langkah-langkah membuat ketupat yang lembut, padat, dan kenyal.

Siapkan bahan dasar

Ketupat berbahan dasar beras putih. Anda bisa mengolahnya dari beras maupun beras yang sudah direbus tetapi masih pera. Untuk membuat anyaman ketupat, siapkan janur atau daun kelapa yang masih muda. Daun kelapa yang berwarna putih kekuningan ini perlu dibuang lidinya.

Pakai dua lembar janur, setiap lembar gulung sebanyak tiga kali. Kemudian buat anyaman dari dua gulungan tersebut dan rapikan agar lebih kencang atau tak ada celah. Apabila tak sempat membuatnya atau sulit mencari bahannya, anyaman ketupat bisa dibeli di pasar maupun supermarket terdekat.

Masukkan beras

Langkah pertama, siapkan bahan antara lain daun kelapa atau janur yang sudah dianyam. Siapkan beras sesuai anyaman janur sebagai pembungkus ketupat, lalu rendam selama satu jam. Cuci anyaman janur dan isi satu per tiga dari seluruh volume.

Apabila ingin mengisinya dengan nasi pera, isi sebanyak dua per tiga volume ketupat. Diamkan sementara menyiapkan air dalam panci. Masukkan ketupat mentah dalam panci berisi air dan nyalakan api.

Masak hingga matang

Memasak ketupat membutuhkan waktu yang lama. Apalagi ketupat berbahan beras atau belum rebus hingga pera. Ketupat akan menjadi lebih padat setelah kurang lebih direbus selama 3 jam.

langkah membuat ketupat
Ilustrasi ketupat yang lembut dan padat (Freeimages/elyanna samsudin)

Opsi lain untuk membuat ketupat yang bertekstur lembut dan padat bisa dimasak menggunakan rice cooker. Kalau menggunakan rice cooker akan otomatis mati ketika air sudah menguap habis. Sebaliknya, apabila memasak ketupat dengan kompor, butuh beberapa kali diperiksa.

Angkat dan tiriskan

Ketika sudah matang, angkat ketupat dan tiriskan. Langkah terakhir untuk membuat ketupat terasa kenyal dan tahan lebih dari 24 jam, siram dengan air matang bersuhu dingin. Nah, cara terakhir ini acap luput dilakukan sehingga ketupat hanya bisa tahan kurang lebih 24 jam.