Penyebab Kuku Tangan Mudah Patah
Ilustrasi (Galitskaya/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kuku tangan mudah patah, padahal ini sering menjadi penunjang kecantikan. Salah satu sebab kuku mudah patah adalah kebiasaan menggigit kuku. Penyebab lain adalah terlalu sering mengecat kuku dan tekstur kuku yang memang kurang kokoh. Namun, ada penyebab lain yang kadang tak diperhatikan atau bahkan tak diketahui, yaitu kurangnya produksi kolagen dalam tubuh. 

Dikutip VOI dari Mind, Body, Green, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kolagen punya peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan kuku yang sehat. Kolagen merupakan jenis protein yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein yang ada pada tubuh manusia.

Kolagen dan Kuku Tangan Mudah Patah

Orang yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama 24 minggu terbukti memiliki kuku yang tumbuh lebih cepat, kuat, dan lebih baik tampilannya. Sama halnya dengan biotin, vitamin B tambahan yang sering dijadikan suplemen pertumbuhan rambut. Biotin juga telah terbukti mampu mempertebal dan memperkokoh struktur kuku. 

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 35 orang dengan kuku rapuh menunjukkan bahwa konsumsi 2,5 mg biotin per hari selama enam minggu hingga 7 bulan bisa memperbaiki gejala pada 63 persen peserta.

Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi biotin yang cukup sehingga Anda perlu asupan biotin tambahan yang dapat diperoleh dari makanan. Pun, biotin sering dipasangkan dengan kolagen guna mendapatkan manfaat kulit dan rambut yang sehat.