Mencuci Wajah dengan Air Hangat atau Dingin? Ini yang Lebih Baik untuk Kesehatan Kulit
Ilustrasi mencuci muka dengan air dingin atau hangat (Pexels/Miriam Alonso)

Bagikan:

ACEH - Mencuci muka adalah kegiatan yang biasa dilakukan setelah beraktivitas seharian. Tujuannya adalah membersihkan kotoran dan sisa makeup yang menempel pada wajah. Dengan demikian, kebersihan wajah akan terjaga sehingga jerawat tak mudah muncul. Namun, sebaiknya cuci muka dengan air hangat atau air dingin? 

Saat membersihkan wajah, temperatur air adalah hal yang penting. Agar tidak memberikan dampak negatif, air dengan suhu panas tidak disarankan untuk kulit Anda. 

Mencuci Wajah dengan Air Panas Tak Disarankan

Air panas berbahaya bagi kulit wajah yang sensitif. Air panas juga menyebabkan kulit lebih kering. Selain itu, mencuci wajah dengan air panas akan menghilangkan minyak alami yang menjaga kelembapan kulit. Bagaimana dengan air dingin?

Dikutip VOI dari Healthline, Sophia Knap, ahli kosmetik berlisensi, menjelaskan bahwa mencuci wajah dengan air dingin bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki kulit wajah kering dan rawan jerawat. Mandi air dingin juga termasuk hidroterapi. Ini bisa memberikan manfaat terhadap sirkulasi, peningkatan endorfin, dan metabolisme.

Menurut American Academy of Dermatolog (AAD), mencuci wajah dengan air dingin bisa mengurangi bengkak, membuat kulit terasa segar, dan wajah "terbangun" jika dilakukan pada pagi hari. Dengan begitu, Anda bisa mencuci wajah dengan air dingin secukupnya saat memulai hari.

Mencuci Wajah dengan Air Hangat dan Air Dingin

Sementara, berdasarkan rekomendasi ADA yang dilansir Beauty Magazine, air dengan suhu antara dingin dan panas membantu menjaga kesehatan kulit. Air hangat bisa memastikan sabun muka berbusa dengan jumlah tepat. Untuk menyeimbangkan minyak alami kulit dan mengangkat kotoran menempel di kulit wajah, Anda bisa mencucinya dengan temperatur air suam-suam kuku.

Setelah mencuci wajah dengan air hangat, Knapp menyarankan untuk membilas dengan air dingin. Air hangat bermanfaat membuka pori-pori dan mengangkat polutan. Sementara, air dingin menutup pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah.

Knapp juga merekomendasikan dua kali sehari untuk mencuci wajah, pagi dan malam. Terlalu sering justru menyebabkan kulit kering dan iritasi. Rekomendasi lainnya, pastikan tubuh cukup hidrasi dan pakai produk perawatan wajah secara bijak.

Selain cuci muka dengan air hangat dan cuci muka dengan air dingin, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.