5 Pemicu Salah Paham dalam Hubungan Asmara
Ilustrasi salah paham dalam hubungan asmara (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Orang menginginkan hubungan asmara yang bahagia, berwarna, dan tak terganggu masalah adalah hal wajar. Namun, dua insan yang saling jatuh cinta memiliki temperamen, pemahaman akan suatu hal, pengalaman, kerentanan, dan prinsip yang belum tentu sama. Hal ini bisa memicu kesalahpahaman. Tahukah Anda apa saja pemicu salah paham dalam hubungan asmara? 

Berikut VOI paparkan beberapa hal yang perlu Anda dan pasangan kendalikan atau bahkan hindari karena berisiko menimbulkan kesalahpahaman dalam sebuah hubungan. 

Beberapa Pemicu Salah Paham dalam Hubungan Asmara

1. Berpijak pada asumsi

Menurut Steven Stosny, dilansir Psyvhology Today, banyak pasangan berasumsi bahwa peristiwa dan perilaku memiliki makna emosional yang sama bagi keduanya. Ini bisa mengundang respons yang berlebihan. Misalnya ketika salah satu dari pasangan berperilaku tidak sesuai dengan asumsi pasangannya, maka akan mengundang pemahaman yang salah.

2. Reaksi emosional berlebihan

Pasangan yang datang pada Stosny terjebak pada kebiasaan kebencian yang berlebihan, reaksi emosi yang berlebihan, dan penghinaan. Dari pengalaman tersebut, kesalahpahaman terjadi. Pendapat Stosny, kedua orang yang saling menyayangi itu butuh pembentukan kebiasaan baru untuk pengaturan emosi. Mereka harus mengganti kebiasaan kekanakan untuk menyalahkan, menyangkal, dan menggantinya dengan lebih menghargai serta melindungi.

3. Berinteraksi negatif

Perbedaan, merupakan hal yang dimiliki setiap orang berpasangan. Hanya dengan menghargai perbedaan, alih-alih membuatnya lebih besar. Perbedaan juga bisa menjadi modal untuk meningkatkan hubungan. Artinya, berinteraksi negatif hanya akan mempertegas perbedaan, jadi tetaplah terbuka dan tidak mendominasi.

4. Hanya satu orang yang fokus pada pertumbuhan hubungan

Dalam sebuah hubungan asmara yang dijalin dua orang, jika salah satunya saja dengan fokus lebih sedangkan yang lain tidak, maka bisa membuat frustasi. Fokus perlu dibagi secara seimbang, jika Anda dan pasangan memilikinya, maka perasaan penolakan dan keterasingan dapat dihindari.

5. Terlalu menyederhanakan informasi

Masih berdasarkan asumsi, ketika Anda menjelaskan sebuah informasi pada pasangan tanyakan soal hal-hal yang tidak ia pahami. Sebab informasi yang terlalu sederhana dan tidak berjalan dua arah, bisa memicu kesalahpahaman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Enggak Mengganggu Hubungan Asmara, Atasi 5 Hal yang Bisa Memicu Salah Paham.

Selain pemicu salah paham dalam hubungan asmara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh