Berbagai Manfaat Terarium untuk Kebahagiaan Hidup
Ilustrasi (Susana Marsigli/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Taman hijau dan subur di halaman rumah bisa menjadi obat penat dan stres. Memandangnya sambil bersantai atau bahkan menghirup aroma segarnya akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jika Anda tak punya halaman yang cukup luas, cobalah terarium. Selain sebagai hiasan, manfaat terarium bisa membuat Anda lebih bahagian.

Terarium merupakan taman mini dalam wadah tembus pandang. Di dalamnya, Anda bisa meletakkan berbagai tanaman perawatannya mudah dan simpel. Ini bisa menjadi hobi bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk berkebun. 

Berikut ini beberapa manfaat terarium bagi kebahagiaan yang telah dikumpulkan oleh tim VOI. Mungkin Anda akan tertarik untuk mencoba hobi unik ini.

Manfaat Terarium untuk Kebahagian Hidup

Menambah semangat

Pernahkah Anda tahu alasan orang membawakan bunga untuk orang yang sedang sakit? Berdasarkan sebuah studi, melihat tumbuhan atau bunga bisa menyembuhkan pasien di rumah sakit. Anda bisa menyebutnya sebagai "obat" yang murah, tetapi cukup efektif. Sama halnya kalau Anda memiliki terarium di rumah atau meja kerja, secara tidak langsung terarium bisa menjadi alat untuk terapi.

Menambah produktivitas

Dikelilingi oleh tanaman hijau bisa menambahkan perasaan yang positif dan menghilangkan rasa cemas, kemarahan serta kesedihan. Tumbuhan yang ada di terarium akan menghidupkan ruangan. Cocok untuk mereka yang menghabiskan waktu di meja kerja seharian.

Dengan memiliki terarium kecil di meja kerja, tumbuhan ini bisa membuat Anda berkonsentrasi dan fokus. Anda bisa menghias meja dengan kaktus yang bermacam bentuk dan warna.

Mengajarkan kehidupan

Melihat tumbuhan di dalam terarium tumbuh dan berkembang memang sangat luar biasa. Bagi Anda yang selalu tenggelam dalam teknologi, seringkali tak peduli dengan apa yang ada di sekeliling Padahal ada banyak tumbuhan yang sering dilewati setiap harinya. 

Nah, dengan memiliki pengalaman memelihara tumbuhan dalam terarium, Anda akan belajar untuk menghargai tumbuhan tersebut. Untuk membersihkan dan merawat terarium sendiri tergantung dengan jenis dari terariumnya. Jika terarium terbuka, sirami tanaman sesekali. Siraman tidak diperlukan untuk terarium kedap udara, sedangkan pada terarium terbuka perlu disiram seminggu atau dua minggu sekali. Untuk jenis tumbuhan sukulen dan kaktus hanya perlu disiram sebulan sekali.

Menghilangkan stres

Tumbuhan di dalam terarium biasanya memiliki corak-corak dan juga keunikan yang beragam. Ini mampu membuat siapapun yang memandang akan menjadi lebih segar dan bahagia. Apalagi dengan kadar oksigen yang ada pada tumbuhan atau tanaman hias di dalam terarium bisa membuat pikiran menjadi rileks dan lebih segar. Makanya, disebut-sebut tanaman hias dalam terarium bisa membuat lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Artikel ini telah tayang dengan judul Alasan Mengapa Memiliki terarium Bisa Bikin Orang Makin Bahagia.

Selain manfaat terarium, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh