Sering Kentut Bau Busuk Berhubungan dengan Kesehatan? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi kentut bau (Freepik/Drobotdean)

Bagikan:

ACEH - Perut kembung sering membuat seseorang mudah kentut, bahkan berkali-kali. Kentut kadang bisa dikontrok agar tidak bersuara. Namun soal bau, ini sulit untuk diprediksi apalagi dikendalikan. Apa penyebab kentut bau busuk? Mungkinkah ini berhubungan dengan kesehatan?

Sebuah penelitian yang dikutip VOI dari Healthline, salah satu komponen gas bau busuk mungkin menandai kesehatan Anda. Penelitian ini menunjukkan bahwa hidrogen sulfida yang bertanggung jawab terhadap bau busuk dari kentut Anda. Meski demikian, pada dasarnya kentut menurunkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal.

Kentut Bau Busuk dan Kesehatan Anda

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim peneliti kolaboratif di University of Exeter di Inggris dan University of Texas pada tahun 2014. Ketika sel-sel di arteri dan vena mengalami kerusakan atau stres karena kondisi tertentu, sel tersebut menggunakan enzim tubuh untuk membuat hidrogen sulfida.

Gas tersebut kemudian memungkinkan sel untuk mengatur stres oksidatif, yang umumnya disebabkan peradangan. Namun dalam kondisi yang lebih parah, mitokondria tidak dapat menghasilkan cukup gas untuk mengimbanginya dan penyakit jadi semakin buruk.

Hal yang perlu dikhawatirkan adalah ketika Anda sering kentut dengan bau yang sangat tidak bersahabat. Jika frekuensi kentut normal dan baunya tidak terlalu mengganggu, kemungkinan Anda masih dalam taraf sehat.

Namun jika Anda sudah sering mengentut dan baunya tidak sedap yang diikuti gejala kram hebat, perut sangat kembung, badan tidak nyaman, muntah, sembelit, diare, dan penurunan berat badan tidak normal, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Sering Kentut dan Bau

Ada beberapa cara agar Anda bisa mengurangi volume gas dan kembung yang membuat Anda sering kentut dan berbau busuk. Lakukan beberapa hal berikut.

  1. Makan perlahan untuk mengurangi menelan banyak udara yang menyebabkan menumpuknya gas pada usus.
  2. Minum banyak air untuk mengurangi risiko sembelit, sembelit bisa jadi penyebab kentut lebih bau dari biasanya.
  3. Hindari minum minuman soda karena mengandung karbondioksida yang dapat berubah menjadi gas di usus Anda.
  4. Tetap konsumsi makanan berserat tetapi kurangi jumlahnya sementara waktu selama kentut mulai mengganggu, terutama karena baunya.
  5. Jika merasa perut kembung tetapi susah kentut, cobalah beberapa pose yoga yang membantu mengeluarkan gas di perut dan membuat Anda lebih rileks.

Pernah kah Anda mengalami kentut bau hingga mengganggu? Sebisa mungkin, disarankan untuk tetap menjaga etiket supaya tidak mengganggu orang lain ya. Misalnya dengan menjauh dari kerumunan dan kentut di ruang terbuka.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kentut Bau Tak Sedap, Apakah Sehat? Ternyata Ini Penyebabnya.

Selain penyebab kentut bau busuk dan cara mengatasi kentut bau, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.