5 Tips Mencegah Akar Tanaman Busuk karena Terendam Air
Ilustrasi (Pexels)

Bagikan:

ACEH – Perhatian ekstra perlu kepada tanaman perlu Anda berikan saat memasuki musik penghujan. Tak hanya tanaman outdoor, tenaman indoor pun perlu penyesuaian dalam merawat.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain kebutuhan cahaya untuk fotosintesis, pemupukan, kelembapan udara, dan penyiraman.

Akar busuk karena terkena hujan adalah hal yang umum terjadi, terutama kalau tanaman bukan jenis tanaman yang menyukai tanah basah. Agar hal tersebut tak terjadi, ada tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Mencegah Akar Tanaman Busuk 

1.    Periksa pot

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah melihat sistem sirkulasi air pada pot. Kalau pot punya lubang bagian bawah untuk membuang kelebihan air, maka cek kondisi tanah atau media tanamnya. Apabila media tanamnya tidak lengket, batasi jumlah air yang disiramkan.

Jika ternyata tanah terlalu basah, Anda perlu mengganti pot atau memberinya lubang bagian bawah. Saat musim hujan, tanaman hanya butuh sedikit air.

2.    Siram sebelum pukul 3 sore

Menyiram tanaman saat hujan turun setiap hari paling baik dilakukan pada pagi hari atau sebelum pukul 3 sore. Mengapa? Sebab sisa air dalam media tanam tak bisa menguap sempurna tanpa angin dan sinar matahari cukup.

3.    Periksa kondisi tanaman setiap hari

Pada musim penghujan, akar busuk pada tanaman sering terjadi. Selain karena terlalu banyak air, akar tanaman juga rentan terhadap cacing jenis tertentu.

Cacing tersebut menyebabkan infeksi sehingga perlu dicek konsisinya setiap hari. Bagi yang belum hobi bercocok tanam, tapi ingin mencoba, jangan jijik sama cacing ya.

4.    Pastikan mendapatkan udara dan cahaya cukup

Apabila tanaman Anda diletakkan dalam ruangan, maka perlu dipastikan mendapat ventilasi udara dan cahaya cukup. Kalau memungkinkan, jemur tanaman saat matahari pagi sedang hangat-hangatnya, antara pukul 8–10 pagi.

5.    Beri pupuk pada saat yang tepat

Dilansir Kompas, memberi pupuk pada tanaman tetap perlu dilakukan meski saat musim hujan. Tetapi beri pada saat yang tepat, disarankan pada pukul 7–11 pagi.

Selain memberikan pupuk, perlu juga mempertimbangkan pemberian pestisida atau fungisida untuk mengurangi serangan hama selama musim hujan.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Akar Busuk pada Tanaman Saat Sering Hujan, Begini Cara Mengatasinya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!