Langkah-Langkah Menangani Anak Takut Air dan Berenang
Ilustrasi Anak Bermain Air (Juan Salaman/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Salah satu destinasi liburan keluarga yang menyenangkan adalah tempat wisata yang mengandung air, seperti kolam renang, waterpark, dan pantai. Namun, bagaimana jika anak takut dengan air?

Tak sedikit anak yang tak berani bermain air, apalagi berenang. Beberapa bahkan memiliki imajinasi adanya monster di dalam air. Jika Anda ingin mengajari si kecil berenang, tentu ketatukan semacam ini perlu diatasi terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal ini bisa Anda lakukan jika anak takut untuk berenang, dikutip VOI dari Parenting.

BACA JUGA:


Langkah-Langkah Menangani Anak Takut Air

  1. Jangan dipaksa

Tracey Warren, pakar keselamatan dan direktur Child Safe Canada, melarang adanya paksaan terhadap anak untuk berenang. Untuk bersama-sama menghadapi ketakutan anak, orang tua harus menggunakan pendekatan penuh empati.

Anda harus tenang dan jangan tunjukkan tekanan. Jika anak melihat hal tersebut, ketakutan anak terhadap air bisa semakin parah.

  1. Cari tahu ketakutan anak

Wendy Wisner, penulis pengasuhan di New York, menyarankan untuk bicara kepada anak tentang ketakutannya. Ini akan membuat Anda lebih mudah menemukan solusi. Misalnya, bila mereka takut ada air yang masuk ke hidungnya, maka Anda bisa memberi tahu cara menghindarinya.

  1. Berendam

Agar anak tidak lagi takut kepada air dan berenang, buatlah ia nyaman di air dengan merendam tubuhnya secara bertahap. Anda bisa mengawalinya dengan mencelupkan kaki, lalu naik sampai ke lutut, pinggang, dada, dan akhirnya seluruh tubuh. Buatlah sesi ini menyenangkan dengan membicarakan hal-hal lucu atau cerita tentang berenang.

  1. Basah-basahan bersama

Anda pun harus turut berendam. Coba semua aktivitas seru yang berkaitan dengan air bersama si kecil untuk menunjukkan bahwa semuanya akan baik-baik saja di dalam air.

  1. Peralatan yang menyenangkan

Coba berikan kacamata renang berwarna-warni atau jaket pelampung bergambar karakter favorit mereka. Benda-benda tersebut mampu memberikan rasa aman pada mereka. Namun, tetap perlu diperhatikan agar tetap mengajarkan mereka berenang tanpa pelampung sebagai mekanisme pelatihan keselamatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Anak Takut Berenang? Begini Cara Mengatasinya, Bunda.

Selain cara mengatasi anak takut air dan berenang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!