Tiga Pemanis Pengganti Madu untuk Melezatkan Makanan
Ilustrasi Pemanis Pengganti Madu (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

ACEH – Madu merupakan salah satu pemanis yang kerap ditambahkan di atas buah-buahan atau oatmeal sebagai topping. Madu juga sering digunakan sebagai campuran dalam teh. Namun, jika Anda tak ingin mengonsumsi madu karena alasan tertentu, ada beberapa pemanis pengganti madu yang bisa dicoba.

Anda bisa memilih satu dari beberapa rekomendasi berikut ini. Bagi vegan, beberapa produk berikut cocok untuk Anda karena tidak melibatkan proses hewani layaknya madu.

3 Rekomendasi Pemanis Pengganti Madu Berbahan Nabati

  1. Sirup maple

Sirup ini terbuat dari getah pohon maple yang didihkan. Ini merupakan pemanis pengganti madu yang bagus, terutama untuk resep-resep camilan atau kue yang tidak perlu dipanggang.

Sirup maple juga bisa dikonsumsi sebagai pemanis granola, saus salad, dan smoothie. Sirup maple tidak sekental madu, tetapi sama manisnya. Semakin gelap warnanya, semakin kaya rasa sirupnya.

  1. Sirup dan pasta kurma

Sirup kurma merupakan bahan yang umum digunakan dalam masakan Timur Tengah, dan dapat digunakan untuk menambahkan rasa manis pada makanan yang dipanggang. Pasta kurma, yang lebih kental dari sirup kurma, sedikit lebih fleksibel dan dapat digunakan seperti selai.

Gunakan sirup ini sebagai pengganti madu saat membuat makanan panggang, saus salad atau smoothie, atau pasangkan dengan keju saat Anda menyiapkan charcuterie atau papan keju.

  1. Sirup gula kelapa atau coconut nectar

Sirup gula kelapa memiliki konsistensi yang mirip dengan madu. Pemanis nabati ini terbuat dari getah dari bunga pohon kelapa. Sirup gula kelapa memiliki tingkat kemanisan yang ringan, sehingga membuatnya serbaguna untuk dicampur ke dalam berbagai makanan sehari-hari Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Bahan Pemanis Pengganti Madu, Cocok Buat Para Vegan.

Selain pemanis pengganti madu, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!