Penerapan Tarif Layanan di ATM Link Ditunda
Ilustrasi ATM (Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bersepakat untuk melakukan penjadwalan ulang terkait implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Merah Putih atau ATM dengan tampilan ATM Link.

Adi Sulistyowati, Wakil Direktur Utama BNI, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif yang sedianya dilaksanakan kemarin, 1 Juni, ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Penundaan tersebut diharapkan bisa meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas.

Layanan di Mesin ATM Berlogo Sama dengan Kartu ATM Tetap Gratis

Adi menekankan, meski tarif tranksasi di ATM Link nantinya akan disesuaikan, nasabah bank Himbara masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu.

"Misalnya, pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi tersebut jika digunakan di ATM Link BNI. Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis melalui layanan mobile banking," terang Adi di Jakarta, Selasa, 1 Juni.         

Ia menjelaskan, setelah perubahan tarif diberlakukan, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link memastikan layanan transaksi di ATM Link akan lebih baik.

Komitmen Himbara dan Jalin untuk tetap mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan ini akan diwujudkan dengan jaringan yang luas hingga area remote dengan dukungan lebih dari 45.000 ATM.

"Tetapi patut diingat penyesuaian tarif baru untuk tarif cek saldo dan tarik tunai tetap  lebih rendah dibandingkan jaringan ATM lain di Indonesia. Khusus untuk nasabah penerima bansos, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali," lanjutnya.

Selain jangkauan yang lebih luas, Adi melanjutkan, penyesuaian biaya transaksi ATM Link diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

"Himbara juga mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara nontunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital," katanya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Tetap Gratis! Penyesuaian Biaya Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Ditunda. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!