Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp35 Ribu Mulai 1 Januari
Suasana kegiatan pengambilan sampel rapid test antigen di Stasiun Gambir, Jakarta. (PT KAI Via ANTARA)

Bagikan:

ACEH - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tarif baru untuk layanan rapid test antigen di stasiun mulai 1 Januari 2022. Jika sebelumnya tarif rapid test antigen Rp45 ribu, tahun depan menjadi Rp35 ribu.

"Penyesuaian tarif rapid test antigen tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan pada masa libur tahun baru 2022 ini," terang VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 30 Desember. 

Rapid Test Antigen sebagai Salah Satu Syarat Perjalanan KA

Tarif rapid test antigen berlaku di 83 stasiun. Joni mengungkapkan, KAI mengimbau pelanggan untuk melengkapi persyaratan naik kereta api (KA) pada Natal dan tahun baru, salah satunya adalah rapid test antigen bagi calon penumpang di atas 12 tahun.

Selama 17--29 Desember 2021, KAI sudah melakukan penolakan terhadap 22.576 calon penumpang karena belum melengkapi persyaratan. Rinciannya, 9.628 tidak PCR bagi yang berusia di bawah 12 tahun, 8.983 tidak rapid test antigen, 3.864 tidak vaksin dosis pertama atau kedua, 96 sakit, dan 5 tidak membawa masker.

"Dengan semakin terjangkaunya harga tersebut, diharapkan calon pelanggan dapat memanfaatkan layanan tersebut dalam melengkapi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," terang Joni.

Ia menjelaskan, hadirnya layanan rapid test antigen di stasiun merupakan buah sinergi BUMN, yaitu antara KAI dengan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo, Indofarma melalui anak usahanya yaitu Farmalab, serta pihak-pihak lainnya.

Stasiun yang Miliki Layanan Rapid Test Antigen

Rincian 83 stasiun yang melayani rapid test antigen adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Karawang, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Purwakarta, Cimahi, Cipendeuy, Ciamis, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Babakan, Brebes, Haurgeulis, Pegadenbaru, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Cepu, Ngrombo, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Purwokerto.

Kroya, Kutoarjo, Sidareja, Kebumen, Gombong, Cilacap, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Wates, Solo Jebres, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Nganjuk, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng.

Selanjutnya, Malang, Wlingi, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Babat, Lamongan, Kepanjen, Wonokromo, Jember, Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Probolinggo, Kalisetail, Medan, Kisaran, Tanjung Balai, Rantauprapat, Mambangmuda, Tebing Tinggi, Kertapati, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebingtinggi, Lubuk Linggau, Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, dan Martapura.

Penjualan Tiket KA Tahun Baru

Sementara, menjelang libur tahun baru pada periode 30 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022, KAI telah menjual 126.709 tiket KA Jarak Jauh atau sebanyak 41 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan sebanyak 309.294 tempat duduk. Jumlah tersebut masih bisa terus bergerak karena penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini.

Tiket Kereta Api pada masa Natal dan tahun baru 2022 bisa dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI yang lain.

KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode libur tahun baru tersebut adalah KA Airlangga (Pasarsenen--Surabaya Pasarturi pp), KA Kahuripan (Kiaracondong--Blitar pp), KA Bengawan (Pasarsenen--Purwosari pp), KA Jayabaya (Pasarsenen--Malang pp), KA Argo Wilis (Bandung--Surabaya Gubeng pp), dan KA Argo Lawu (Gambir--Solobalapan pp).

"Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket karena tiket KA masih tersedia ke berbagai tujuan. Para calon pelanggan agar memperhatikan syarat-syarat naik KA sesuai ketentuan dari pemerintah," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Per 1 Januari 2022, 83 Stasiun Ini Berlakukan Tarif Baru Test Antigen Menjadi Rp35 Ribu.

Selain tarif rapid test antigen, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.