Joko Widodo Ingin Keterlibatan UMKM dalam Industri Otomotif Semakin Besar
Presiden Jokowi (setkab.go.id)

Bagikan:

Demi nilai tambah ekonomi nasional yang lebih besar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rantai pasok industri otomotif ditingkatkan.

Dalam Peresmian Pembukaan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Tahun 2021, Jokowi mengatakan bahwa industri otomotif adalah salah satu penggerak perekonomian nasional yang harus segera dipercepat.

“Karena di sini banyak keterlibatan pelaku usaha dalam negeri, dari mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan, keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus ditingkatkan dan nilai tambah ekonomi dalam negeri juga harus jadi prioritas,” ungkap Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Industri otomotif jadi prioitas investasi

Jokowi menekankan bahwa hal terpenting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Reformasi menuju green technology dan ekonomi hijau akan jadi potensi, tumpuan, dan kekuatan Indonesia.

“Penggunaan ekonomi terbarukan seperti B30, B100, juga harus terus dilanjutkan. Pengembangan mobil listrik juga harus dipercepat dan kita harapkan menjadi salah satu industri unggulan Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, industri otomotif Tanah Air menjadi prioritas dalam peningkatan investasi.

“Pemerintah terus berupaya meningkatkan iklim investasi. Kita sudah menetapkan UU Cipta Kerja, kita juga sudah miliki lembaga pengelola investasi Indonesia,” lanjut Presiden.

Ia berharap hal tersebut dapat memberikan banyak kemudahan kepastian bagi para investor untuk membangun industri di Indonesia.

“Kebijakan relaksasi pajak juga sudah, untuk mendongkrak daya beli, penjualan otomotif, agar mendorong permintaan, agar ada demand, di situ yang bisa menggerakkan industri otomotif kita,” tandas Presiden Jokowi.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!