Sungai Meluap, 15 Warga Aceh Besar Terjebak di Kebun
Evakuasi satu keluarga di Aceh Besar yang terjebak sungai meluap (Antara)

Bagikan:

ACEH – Sungai Siron di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, meluap dan menyebabkan 15 warga Gampong Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, terjebak di kebun. Hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan pada Minggu petang.

“Mareka satu keluarga pergi ke kebun dengan menyeberangi sungai sekitar pukul 14.15 WIB, namun saat kembali sungai tidak bisa diseberangi lagi,” ungkap Iqbal, personel Pusdalops BPBD Aceh Besar, Senin, 17 Mei.

Kelima belas orang tersebut adalah Ahmad Busyairi (5), Alifa Khanjia (4), Syahrijal Fitra (7), Raja (14), Farid (14), Raji (14), Nilta Amalia (14), Fauzia (17), Fani Febriana (28), Riski Mariami (34), Yusriati (39), Wahyudi (41), Bahruddin (42), Faisal (46), dan Irfandi (35).

Warga Aceh Besar yang Terjebak Diselamatkan Tim Gabungan

Iqbal mengungkapkan, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima informasi mengenai informasi bahwa sejumlah warga Desa Lamreung pergi ke kebun dengan menyeberangi sungai sekitar pukul 14.15 WIB.

Ia mengatakan, ketika rombongan itu menyeberangi sungai, debit air masih normal sehingga bisa diseberangi dengan berjalan kaki. Ketinggian air ketika dilintasi kurang lebih selutut orang dewasa.

Saat rombongan tersebut akan kembali dari kebun sekitar pukul 18.25 WIB, debit air sungai telah tinggi dengan arus yang deras karena hujan mengguyur di hulu sungai.

“Petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian saat menerima informasi, setiba di lokasi kejadian petugas meminta kepada warga tersebut untuk tenang dan tidak panik sambil petugas mencari jalan atau cara untuk bisa mengevakuasi mareka,” lanjutnya.

Ia mengatakan, petugas pemadam BPBD Aceh Besar yang dibantu personel TNI, Polri, serta masyarakat langsung mengaitkan tali dan mengikatnya dengan membentang sungai sebagai tempat pegangan untuk selanjutnya mengevakuasi satu persatu warga yang terjebak tersebut.

Sebelum dilakukan evakuasi, sesuai dengan standar operasi prosedur demi keselamatan dan keamanan, tiap warga yang akan dilewatkan dikenakan jaket keselamatan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah seluruh warga tersebut berhasil dievakuasi oleh petugas pada pukul 23.30 WIB dan semuanya dalam keadaan selamat,” kata Iqbal.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Sungai Meluap, Satu Keluarga di Aceh Besar Terjebak di Kebun dan Tak Bisa Pulang. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!