Potensi Hujan dan Longsor di Aceh Utara, Warga Diimbau Waspada
Warga memikul harta bendanya untuk keluar dari kepungan banjir di Desa Hagu, Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara (ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Warga Aceh Utara, Provinsi Aceh, diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan dan longsor karena hujan yang kemungkinan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe.

"Hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sore hari menjelang malam berpotensi terjadi di Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya meliputi Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bener Meriah," ungkap Kepala BMKG Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Siswanto, di Lhokseumawe, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 18 November.

Potensi Hujan dan Longsor Akibat Hujan

Curah hujan yang tinggi dapat membuat sungai meluap sehingga merendam pemukiman penduduk dan areal pertanian masyarakat. Selain banjir, kata Siswanto, hujan lebat juga bisa menyebabkan tanah longsor.

"Kami mengimbau masyarakat tidak lengah dan tetap waspada akan potensi bencana alam seperti banjir dan longsor. Kami juga meminta masyarakat meningkatkan mitigasi guna mengurangi dampak yang ditimbulkan jika terjadi bencana," jelasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menyebutkan, banjir susulan merendam empat kecamatan di daerah tersebut menyusul hujan lebat sejak dua hari terakhir.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Murzani, mengatakan empat kecamatan yang direndam banjir susulan tersebut yakni Matang Kuli, Paya Bakong, Pirak Timu, dan Tanah Luas.

"Data sementara, tercatat 30 gampong atau desa di empat kecamatan terendam banjir dengan ketinggian berkisar 30 sentimeter hingga 1,5 meter," kata Murzani.

Murzani mengatakan banjir tersebut disebabkan meluapnya Sungai Pirak dan Sungai Kereuto. Banjir telah merendam 217 dengan jumlah warga terdampak mencapai 2.383 jiwa dari 768 keluarga.

"Belum ada warga yang mengungsi, namun jika hujan masih berlangsung dan debit air terus naik, maka kemungkinan warga terpaksa mengungsi di tenda-tenda darurat yang sudah disediakan," kata Murzani.

Artikel ini telah tayang dengan judul BMKG Minta Warga Aceh Utara Waspada Banjir dan Longsor Menyusul Potensi Hujan Lebat.

Selain potensi banjir dan longsor di Aceh Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!