Keluarga Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J Tak Ingin Berpolemik Soal Penonaktifan Ferdy Sambo, Fokusnya Adalah Kasus Pembunuhan
Irjen Ferdy Sambo yang dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kadiv Propam. (dok Humas Polri)

Bagikan:

ACEH - Keluarga Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tidak ingin berpolemik terkait keputusan penonaktifan sementara Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam. Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Johnson Pandjaitan, menegaskan bahwa yang terpenting dalam persoalan yang mereka hadapi adalah pengungkapan pembunuhan Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Yang penting bagi kami dan keluarga soal evaluasi senjata dan ke fokus ke peristiwa hukum yaitu pembunuhan," terang Johnson Pandjaitan, Selasa, 19 Juli, dikutip VOI.

Penonaktifan Kapolres Metro Jakarta Selatan dan Karo Paminal Terkait Kasus Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Dia mengatakan, langkah Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mencopot sementara Irjen Fery Sambo belumlah cukup. Dia mendorong penonaktifan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto, dan Karo Paminal, Brigjen Hendra Kurniawan.

"Bagi kami tidak cukup harusnya tindakan yang sama juga dilakukan terhadap Kapolres dan Karo Paminal secepatnya demi fearness (keadilan, red), kelancaran dan keterbukaan penanganan kasus ini," terangnya.

Permintaan pencopotan tersebut dilakukan kerena pihak keluarga menilai ada banyak keanehan dalam penanganan kasus tewasnya Brigadir J. Salah satu keanehan tersebut adalah proses olah tempat kejadian perkara (TKP) dan kronologi yang saat ini telah disampaikan.

"Terutama olah TKP-nya yang keliatan bermasalah besar," jelas Johnson.

Pencopotan Sementara Irjen Ferdy Sambo

Dalam kasus ini Kapolri telah mengambil langkah dengan menonaktifkan sementara Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam. Alasan pencopotan ini agar penanganan kasus tewasnya Nopryansah Yosua Hutabarat bisa dilakukan dengan objektif. 

Selain itu, pencopotan jenderal bintang dua ini agar rangkaian dari proses penyelidikan dan penyidikan yang saat ini sedang berlangsung bisa berjalan baik.

Sehingga, tidak ada pihak yang beranggapan buruk dalam proses pengusutan. Kemudian, bisa membuat terang peristiwa yang terjadi.

"Kita melihat ada spekulasi-spekulasi berita yang muncul, yang kemudian tentunya ini akan berdampak terhadap proses penyidikan yang sedang kita lakukan," kata Sigit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo, Keluarga Brigadir J: Tak Mau Berpolemik Tapi Minta Kapolres Jaksel dan Karo Paminal Juga Dinonaktifkan.

Selain kasus Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.