Menteri Zulkifli Hasan Minta Warga Pilih Anaknya dalam Pemilu, Jokowi Perintahkan Para Menteri Fokus Bekerja
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan di Pasar Ciracas, (Foto via Kemendag)

Bagikan:

ACEH - Sebuah video di media sosial menampilkan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), sedang membagikan minyak goreng gratis. Dalam aksi tersebut, dia juga tampak berkampanye karena meminta masyarakat memilih anaknya, Futri Zulya Savitri, saat pemilihan umum (pemilu).

Futri merupakan calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI daerah pemilihan Lampung I. Kejadian ini ramai di media sosial.

Presiden Jokowi Minta Menteri Perdagangan Turunkan Harga Minyak Goreng

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan pesan kepada menteri-menterinya untuk fokus bekerja. Pesan tersebut kemudian difokuskan kepada Zulhas karena telah mendapatkan tugas penting tadi Presiden untuk menurunkan harga minyak goreng. Jokowi menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa, 12 Juli.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja," kata Jokowi seperti dikutip VOI dari Antara.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," tegas Presiden sambil mengingatkan Zulhas tetap turun ke pasar.

Jokowi memastikan dirinya juga akan terus mengecek harga di pasar. Dia ingin harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

"Karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," terangnya.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh Presiden, harga minya curah memang sudah di angka tersebut. Namun, di luar Pulau Jawa harganya masih tinggi. Jokowi memerintahkan Mendag membereskan masalah itu.

"Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu per satu akan kita selesaikan," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengingatkan menteri lain fokus mengurusi masalah energi dan pangan. Jangan sampai Indonesia terpeleset di dua bidang tersebut.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," ujar Jokowi.

Menteri Zulkifli Hasal Kampanyekan Anaknya

Terkait video yang tersebar di media sosial, Zulhas bersama putrinya Futri hadir di sebuah acara. Dia kemudian berinteraksi dengan para ibu yang hadir menanyakan program minyak goreng murah, Minyakita.

Dia bertanya, berapa harga minyak tersebut yang kemudian dijawab Rp10 ribu. Zulhas kemudian meminta para ibu menyimpan uang itu karena anaknya yang akan membayar dua liter minyak goreng tersebut.

"Tapi nanti milih Futri ya, oke. Kalau milih Futri ntar dua bulan ada deh ginian," kata Zulhas dalam video tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Minta Menteri Kerja Jangan Malah Kampanye, Jokowi: Mendag Saya Tugaskan Turunkan Harga Minyak Goreng.

Selain perilaku Menteri Zulkifli Hasan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.