Takbir Keliling di Sabang Kembali Digelar Jelang Iduladha, Pendaftaran Terbuka bagi 40 Kelompok
Dokumentasi - Wali Kota Sabang Nazaruddin membuka pawai takbir Idul Adha pada tahun 2019. (ANTARA/HO)

Bagikan:

ACEH - Pemkot Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah akan menggelar pawai takbir keliling pada malam Iduladha 1443 Hijriah. Takbir keliling di Sabang kembali dilaksanakan seiring meredanya pandemi COVID-19.

Plt. Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang, Salahuddin, menjelaskan bahwa takbiran tersebut dilaksanakan untuk kembali menyemarakkan syiar Islam dan gema takbir setelah dua tahun tidak dilakukan akibat pandemi.

"Kita memahami juga permintaan dari masyarakat. Alhamdulillah kali ini kita bisa laksanakan setelah mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari pihak terkait,” terang Salahuddin di Kota Sabang, Selasa, 5 Juli, dikutip VOI dari Antara.

Takbir Keliling se-Kota Sabang

Dia menerangkan, pihaknya bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) untuk menyelenggarakan Musabaqah Pawai Takbir Iduladha 1443 Hijriah se-Kota Sabang.

Salahuddin mengatakan, momentum tersebut menjadi sangat penting bagi umat Islam dalam menyemarakkan Iduladha, terutama setelah dua tahun terkurung pandemi.

“Jadi setiap gampong dapat mengirimkan peserta sesuai dengan persyaratan yang sudah dilayangkan," kata Salahuddin.

Peserta Takbir Keliling di Sabang Sambut Iduladha

Selain itu, Kepala Bidang Dakwah dan Peribadatan Dinas Syariat Silam Kota Sabang, Bustamam, mengatakan pihaknya membuka pendaftaran bagi 40 kelompok. Setiap gampong bisa mengirimkan dua kelompok dan wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang dan kendaraan yang digunakan adalah mobil bak terbuka dan sejenisnya.

“Kemudian mobil dipersilahkan memakai sound system dan dilengkapi dengan hiasan lampu serta didekorasi dengan kreatif," katanya.

Takbiran keliling ini bakal dinilai, mulai dari tajwid, fashahah, suara, lagu maupun irama, adab dan keseragaman pakaian, kekompakan peserta, serta dekorasi dan penerangan lampu kendaraan.