PT Kertas Kraft Aceh Berusaha Dihidupkan Kembali, Wali Nanggroe Aceh Lakukan Langkah Advokasi
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

ACEH - Langkah advokasi dilakukan oleh Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haytar, demi menghidupkan kembali industri PT Kertas Kraft Aceh (KKA) yang dibubarkan pemerintah melalui Kementerian BUMN pada Februari 2022.

"Saya terus melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh Aceh dan pemegang kebijakan di pemerintah pusat terkait menghidupkan kembali industri ini," terang Malik Mahmud di Aceh Besar, dikutip VOI dari Antara, Jumat 1 Juli.

Upaya Hidupkan Lagi PT Kertas Kraft Aceh

Sebagai informasi, pemerintah pusat melelang PT Kertas Kraft Aceh (Persero) setelah Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi membubarkan perusahaan tersebut. Lelang itu dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Setelah pembubaran PT KKA diumumkan, Wali Nanggroe Aceh terus melakukan berbagai cara, seperti koordinasi, konsolidasi, dan diskusi dengan berbagai pihak, baik di Aceh maupun pemerintah pusat, agar perusahaan tersebut bisa dihidupkan kembali.

Jumat lalu, Wali Nanggroe gelar pertemuan dengan mantan Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Samsul Rizal, untuk menghidupkan kembali mantan BUMN itu.

"Kita juga sudah meminta kepada para pengusaha Aceh untuk bekerja sama menghidupkan kembali pabrik KKA ini," ujarnya.

Malik Mahmud menyampaikan, sejauh ini dirinya telah berkomunikasi dan melakukan pertemuan dengan pemegang kebijakan di pemerintah pusat supaya industri yang pernah menyumbangkan banyak devisa bagi negara itu tetap berjalan.

PT Kertas Kraft Aceh bagi Wali Nanggroe Aceh

Dia mengatakan, PT KKA merupakan industri yang sangat penting keberadaannya bagi Aceh. Salah satu industri besar yang bukan hanya tingkat nasional, melainkan skala Asia Tenggara.

"Saya selalu sedia untuk memperjuangkan dengan pemerintah Indonesia, dengan Presiden Jokowi untuk mendapat sokongan," kata Malik Mahmud.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wali Nanggroe Siapkan Langkah Advokasi Hidupkan Kembali PT Kertas Kraft Aceh yang Dibubarkan Erick Thohir.

Selain PT Kertas Kraft Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.