Blok Andaman II Aceh Punya Potensi Migas Cukup Menarik, Kilang LNG Arun Diharapkan Hidup Lagi
Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Blok Andaman II di perairan Aceh memiliki potensi migas yang cukup menarik. Hal tersebut disampaikan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Informasi ini diktehui setelah Premier Oil, operator, melakukan pengeboran satu sumur di wilayah kerja migas tersebut. 

Alasan Blok Andaman II Aceh Cukup Menarik

Menurut Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, temuan potensi migas ini cukup menarik karena perusahaan asal Inggris itu baru melakukan pengeboran pada satu struktur saja. Sementara, Blok Andaman II punya 10 struktur.

"Ini menarik, kenapa? BP serius masuk ke Andaman II, BP sebagai big player," terang Dwi, Selasa, 28 Juni, dikutip VOI.

Dia berharap, produksi di Blok Andaman II akan membuat fasilitas di Kilang LNG Arun bisa kembali beroperasi secara penuh, apalagi dalam beberapa tahun belakangan hal tersebut belum bisa maksimal.

Sebagian besar fasilitas di Kilang LNG Arun tidak beroperasi karena pasokan gas di sekitarnya telah mengalami penyusutan. Oleh sebab itu, temuan sumber gas di wilayah Aceh diharapkan bisa menghidupkan fasilitas-fasilitas tersebut.

"Hopefully kalau benar ini ada giant discovery kita punya infrastruktur yang sudah ready di sana mudah-mudahan bisa menghidupkan (kilang) Arun lagi," ujarnya.

Lokasi Pengeboran Sumur Blok Andalam II

Untuk diketahui, Premier Oil sendiri telah melakukan pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 pada Selasa 10 Mei 2022.

Adapun sumur eksplorasi ini terletak di Wilayah Kerja (WK) Andaman II, 150 km sebelah utara Kota Lhokseumawe, dengan kedalaman air laut 4,236 ft.

Pengeboran eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan gas yang terdapat pada struktur Timpan yang berada di bagian barat WK Andaman II. Sumur Timpan-1 sendiri di bor secara vertikal dengan menggunakan anjungan pengeboran Drill Ship West Capella.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ada Potensi Temuan Migas di Blok Andaman II Aceh, Kepala SKK Migas: Mudah-mudahan Bisa Hidupkan Kilang Arun Lagi.

Selain potensi migas di Blok Andaman II Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.