4 Cara Menolak dengan Halus Tanpa Menyakiti Hati Lawan Bicara
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Berkata "tidak" terhadap permintaan seseorang kadang menjadi persoalan yang pelik. Beberapa orang,terutama people pleaser, merasa tidak enak hati untuk menolak permintaan orang lain. Tampaknya ini hal yang sepele, tetapi akan menjadi masalah jika tidak dikendalikan. Cara menolak dengan halus perlu dikuasai agar diri tidak terus-terusan terbebani dan membahayakan kesehatan mental.

Perasaan tidak enak untuk menolak bisa muncul saat Anda tidak ingin terjebak dalam suatu masalah atau konflik dengan orang lain. Hasilnya, Anda akan selalu mengiyakan permintaan orang lain tanpa memikirkannya dengan bijak, bahkan untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Anda sukai. Dikutip VOI dari Very Well Mind, berikut adalah beberapa tips berkata "tidak" tanpa menyebabkan rasa bersalah dan melukai hati lawan bicara. 

Cara Menolak dengan Halus Tanpa Menyakit Hati

Menunda Respons

Jika Anda tidak nyaman bersikap tegas atau berurusan dengan orang yang memaksa, tidak apa-apa untuk mengatakan, "Biarkan saya memikirkannya dan menghubungi Anda kembali." Ini memberi Anda kesempatan untuk membuat pertimbangan dan memikirkannya dengan lebih tenang dan bijak.

Strategi ini juga memungkinkan Anda untuk memikirkan apakah Anda ingin mengatakan "ya" pada komitmen lain. Untuk membuat keputusan, buat beragam kemungkinan dan kemudian tentukan jawaban ya atau tidak.

Tawarkan Alternatif

Saat Anda dihadapkan pada situasi saat seseorang meminta bantuan, misalnya ketika rekan kerja meminta bantuan saat Anda tidak memiliki waktu, maka tawarkanlah alternatif lain.

Katakanlah padanya, seperti "Ada hal lain yang harus saya kerjakan, bagaimana kalau saya membantu besok.” Atau bisa menawarkan bantuan yang lain yang sekiranya tidak terlalu memberatkan.

Jujur

Saat dihadapkan dengan kenyataan untuk mengatakan “tidak” pada seseorang, Anda bisa mengambil sikap dengan berkata jujur. Jujurlah ketika Anda memberi tahu mereka dan juga sampaikan alasan mengapa Anda tidak bisa melakukan hal tersebut.

“Saya tidak bisa membantu Anda sekarang karena….”. Dengan begitu, mereka akan bersimpati juga akan menghormati keterbukaan dan kejujuran yang telah Anda sampaikan.

Melatih Diri

Untuk mengatakan tidak kepada orang lain, Anda harus mulai dari diri sendiri. Cobalah untuk berbicara pada diri sendiri di depan cermin atau berlatih menyusun kalimat-kalimat penolakan yang menurut Anda bagus.

Penelitian mengatakan bahwa semakin Anda memperkuat kemauan, maka semakin mudah  untuk mengatakan tidak. Jadi berlatihlah memperkuat kemauan Anda sendiri.

Artikel ini telah tayang dengan judul 4 Cara Menyampaikan Kata “Tidak” Tanpa Berniat Menyakiti.

Selain cara menolak dengan halus, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.