Jepang Hentikan Pendanaan PLTU di Indonesia Demi Masyarakat Bebas Karbon
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Jepang akan melakukan penghentian pemberian pinjaman atau pendanaan pembangunan pembangkit listrik tenaga uang (PLTU) di Indonesia dan Bangladesh. Di Indonesia, kebijakan ini khususnya terkait pembangunan PLTU Indramayu. 

Penghentian Pendanaan PLTU di Indonesia

Jepang menjelaskan alasan penghentian pinjaman itu, yaitu menanggapi kritik internasional terhadap PLTU batu bara. PLTU dengan sumber tenaga dari batu bara menjadi sumber utama emisi gas rumah kaca yang bertanggung jawab terhadap pemanasan global.

"Kami memutuskan bahwa tidak dapat melanjutkan dukungan lebih jauh terhadap proyek-proyek ini (PLTU Indramayu dan PLTU Matarbari) sebagai subjek pinjaman yen," terang Sekretaris Pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Hikariko Ono, dikutip VOI dari Nikkei Asia, Kamis 23 Juni.

Ono juga menjelaskan bahwa pemerintah Jepang akan terus membantu negara-negara berkembang dalam upaya mewujudkan masyarakat bebas karbon. Penghentian pendanaan PLTU oleh Jepang juga diberlakukan kepada PLTU Matarbari di Bangladesh.

Seperti diketahui, Indonesia dan Bangladesh sedang tahap survei untuk proyek-proyek tersebut dengan dukungan Jepang, tetapi masih dalam tahapan perencanaan yang belum berlanjut ke konstruksi.

Pendanaan PLTU Batu Bara

Negara-negara G7 sebelumnya sepakat pada tahun 2021 untuk mengakhiri dukungan pendanaanya untuk PLTU batu bara. Dan sebelumnya Jepang juga bersikeras tetap mempertahankan proyek PLTU yang sedang berjalan sehingga memicu tekanan internasional dari kelompok pro-lingkungan dan menggangap negara-negara G-7 melanggar komitmennya.

G-7 terdiri dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat, ditambah Uni Eropa.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ingin Wujudkan Masyarakat Bebas Karbon, Jepang Hentikan Pendanaan Pembangunan PLTU di Indonesia dan Bangladesh.

Selain penghentian pendanaan pembangunan PLTU di Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.