Rakernas PDIP, Nama Potensial untuk Pilpres Jadi Salah Satu Pembahasan
Puan Maharani/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mulai hari ini hingga Kamis, 23 Juni. Dalam Rakernas PDIP kali ini, sejumlah hal akan dibahas, salah satunya adalah nama calon potensial yang akan diusung dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

"Bisa aja. Rakernas partai pemenang pemilu, partai yang saat ini punya kursi cukup pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara," terang Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, dikutip VOI pada Selasa, 21 Juni.

"Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon orang-orang yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," lanjutnya.

Nama Calon Presiden dari PDIP

Sementara, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa nama calon yang nantinya diusung di pilpres 2024 sudah ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Meski demikian, tambahnya, pengumumannya menunggu momentum yang tepat.

"Nama-nama (capres, red) itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Senin, 20 Juni.

"Tetapi sekali lagi, skala prioritas saat ini adalah bekerja ke bawah membantu rakyat dan kerja sama dalam pengertian mengusung calon presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada momentum yang tepat," terang Hasto.

Dia menjelaskan, hal serupa terkait penjajakan koalisi, yaitu menunggu momentum yang tepat. Namun, PDIP tetap melakukan komunikasi dengan partai lain.

"Kami terus membangun komunikasi dengan para ketua umum partai sehingga kesamaan terhadap platform dan kerjasama dalam rangka Pilpres itu ujung-ujungnya kan pada penetapan calon. Dan itulah nanti kita lihat momentum yang tepat," terangnya.

Rakernas PDIP

Diberitakan sebelumnya, rangkaian acara Rakernas berlangsung Senin malam, 20 Juni yang diawali dengan proses registrasi. Selain itu, akan dilaksanakan Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air serta Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq, Jakarta.

Sementara saat Rakernas, DPP DPIP membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok. Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta. Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.

Artikel ini telah tayang dengan judul Soal Rakernas PDIP, Puan Maharani: Akan Bicara Masalah Penting Salah Satunya Calon Potensial.

Selain Rakernas PDIP, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.