Puan Maharani Akan Bertemu Surya Paloh Terkait Kerja Sama Pemilu 2024
Puan Maharani/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Puan Maharani, Ketua DPP PDIP, akan menemui Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, terkait kerja sama politik. NasDem bersiap dengan pertemuan tersebut.

Untuk diketahui, Puan mendapatkan tugas khusus dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk bertemu dengan para ketua umum partai politik (parpol) terkait kerja sama jelang pilpres 2024. 

"Bagi NasDem, dengan PDIP itu kan memang sahabat kita dalam pemerintahan selama 10 tahun, jadi kerja sama itu bukan hal yang tidak mungkin dalam pemilu 2024 ini," terang Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali, dikutip VOI pada Senin, 27 Juni. 

NasDem dan PDIP Disebut Tak Punya Persolan Satu Sama Lain

Ahmad Ali, menjelaskan bahwa selama 10 tahun bersama di pemerintahan, tidak ada sekat antara NasDem dan PDIP untuk kembali bekerja sama dalam pemilu 2024. Menurutnya, selama ini NasDem tidak pernah memiliki masalah dengan PDIP. 

"Jadi kalau Mbak Puan memang berkeinginan untuk ketemu Ketua Umum, pasti akan diterima dengan sangat baik," terangnya.

Terkait penyataan Surya Paloh soal partai sombong, tambah Ahmad Ali, itu hanya sebagai peringatan bagi internal partai. Menurut Ahmad, hal itu bukan untuk menyindir PDIP. 

"NasDem tidak pernah merasa bermasalah dengan PDIP dan tidak pernah menyindir atau ada gesekan dengan mereka. Pernyataan (partai sombong) itu kan untuk pengingat bagi internal partai NasDem," jelasnya.

Ahmad berharap, pertemuan Puan Maharani dan Surya Paloh bisa menghasilkan kerja sama yang baik. Kalaupun tidak, lanjutnya, diharapkan terjadi pemahaman terhadap keputusan politik masing-masing parpol.

"Syukur-syukur kita bisa bekerja sama, kalau kita tidak bisa bekerja sama, kita bisa saling memahami keputusan itu sehingga kemudian tidak terjadi persepsi yang aneh-aneh gitu. Jadi saling menghargai keputusan masing-masing," tandasnya.

Tugas Khusus Puan Maharani

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku mendapat tugas khusus dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP untuk bersilahturahmi dengan para ketua umum parpol lain. 

Menurutnya, pertemuan tersebut untuk menjajaki hubungan politik, meski Megawati telah bertemu dengan beberapa ketua umum parpol di Istana beberapa waktu yang lalu.

"Kerja sama dengan partai lain kita akan jajaki jadi jangan kemudian, karena belum ketemu sama ketum parpol lain enggak mau kerja sama. Toh, waktu di Istana kan Ibu Megawati bertemu dengan semua ketum parpol lain kan cuma belum sempat bersilaturahmi," ujar Puan di JCC, Jakarta, Sabtu, 25 Juni.

Namun, Puan tidak merinci kapan dan di mana pertemuan dengan ketua parpol akan dilaksanakan. Kata dia, hanya masalah waktu untuk bertemu dengan para ketum parpol. 

"Nanti saya juga ditugaskan dengan Ibu Ketua Umum Partai sebagai Ketua DPR akan bersilaturahmi dengan semua ketum. Kemarin baru selesai rakernas sudah ada acara ini. Ini kan masalah waktu aja. Semua saya temui. Insyaallah," kata Puan.

 
Selain Puan Maharani bertemu Surya Paloh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.