Sindrom Ramsay Hunt, Gangguan Kesehatan yang Lumpuhkan Wajah Wajah Justin Bieber
Ilustrasi (Gorodenkoff/Istockphoto)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu sebelumnya Justin Bieber, penyanyi, merilis sebuah unggahan melalui akun Instagram-nya, tepatnya pada Jumat, 10 Juni. Unggahan tersebut berisi informasi bahwa dirinya sedang menderita sindrom ramsay hunt yang membuat separuh wajahnya lumpuh. 

Amit Kochhar, otolaryngologist (THT), menjelaskan bahwa sindrom ramsay hunt merupakan kejadian yang sangat langka. Sindrom ini jadi salah satu penyebab kelumpuhan wajah perifer atraumatik.

Penyebab Sindrom Ramsay Hunt

"Sindrom ramsay hunt adalah penyebab paling umum kedua kelumpuhan wajah perifer atraumatik, setelah Bell's Palsy, tetapi sedikit lebih parah. Namun, itu hanya terjadi pada sekitar lima dari 100.000 orang," katanya dikutip VOI dari ANTARA.

"Hal ini disebabkan oleh reaktivasi virus herpes zoster di wajah, yang membuat penderita cacar air rentan terhadap virus varicella-zostar sejak kecil," lanjut Amit.

Dia menjelaskan, sindrom ramsay hunt disebabkan oleh stres tinggi atau imunosupresi serta obat imunosupresan atau kondisi lain yang mendasarinya.

"Tubuh Anda tidak bisa melawan infeksi," jelas Amit.

Virus penyebab cacar air tetap tidak aktif di dalam tubuh. Sampai ada yang memicunya kembali dalam bentuk herpes zoster (ramsay hunt), yang dapat mengobarkan berbagai saraf di perut, punggung, dan wajah.

Gejala Sindrom Ramsay Hunt

Menurut Amit, kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber disebabkan oleh saraf yang berasal dari otak dan berjalan melalui "terowongan" tulang. Saraf itu memungkinkan ekspresi wajah dan kemampuan untuk menyampaikan emosi. Ketika meradang, saraf tersebut mengembang tetapi tulang tidak bergerak.

"Pada dasarnya, itu menghancurkan saraf," ungkap Amit.

"Efek samping lainnya termasuk gangguan pendengaran, vertigo parah dan ruam atau lecet yang terjadi di telinga atau pipi. Sakit kepala dan muntah juga sering terjadi," sambungnya.

Amit memaparkan bahwa setelah didiagnosis, ramsay hunt dapat diobati dengan steroid dosis tinggi dan antivirus, yang dapat dikonsumsi secara oral di rumah. Untuk kasus yang lebih parah, pasien akan dirawat di rumah sakit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengenal Sindrom Ramsay Hunt, Gangguan Lumpuh Wajah yang Dialami Justin Bieber.

Selain sindrom ramsay hunt, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.