Korps Brimob Dipimpin Pati Bintang 3 Mulai Hari Ini
Photo by Visual Karsa on Unsplash

Bagikan:

ACEH - Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, akan meresmikan peningkatan struktur Korps Brigade Mobil (Brimob). Mulai hari ini pemimpin di Korps Brimob berpangkat komisaris jenderal (komjen).

"Korps Brimob pada hari ini akan diresmikan dan dikukuhkan oleh Bapak Kapolri, organisasi Brimob yang sebelumnya dipimpin oleh pati bintang dua, sore hari ini secara resmi akan dipimpin oleh pati bintang tiga," terang Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, dikutip VOI pada Jumat, 10 Juni.

Persetujuan Peningkatan Struktur Brimob

Peningkatan struktur ini pun dilaksanakan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui serta menandatangani surat keputusan terkait hal tersebut. Terkait hal tersebut, kepangkatan di masing-masing jabatan akan menyesuaikan. Sebagai contoh, Wakil Komandan Korps Brimob akan berpangkat inspektur jenderal (irjen).

"Nanti Wadankornya pati bintang 2, kemudian Danpas-danpasnya dan juga jabatan-jabatan pati lainnya dalam rangka untuk penguatan organisasi Brimob," terang Dedi.

Di sisi lain, lanjut Dedi, alasan dari dilakukannya peningkatan struktur Korps Brimob adalah penguatan. Itu karena Korps Brimob merupakan pasukan elite Polri yang memiliki fungsi pengamanan penting. Selain itu, satuan ini sering bertugas menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

"Oleh karenanya Bapak Presiden merasa perlu untuk Korbrimob dipimpin oleh pati bintang tiga," kata Dedi.

Sebagai informasi, peningkatan struktur Korps Brimob ini sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mulai Hari ini 10 Juni, Brimob Resmi Dipimpin Jenderal Bintang 3.

Selain pemimpin Brimob, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.