Elon Musk Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Presiden SpaceX Pasang Badan
Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell (foto; dok. twitter)

Bagikan:

ACEH - Pekan lalu Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell, mengirimkan pesan melalui surel kepada seluruh perusahaan media terkait laporan tuduhan kekerasan seksual oleh CEO SpaceX, Elon Musk. Shotwell menyatakan, dirinya tidak percaya kebenaran tuduhan tersebut.

Email itu pertama kali dilaporkan oleh CNBC kemudian ditinjau pula oleh The Verge. Shotwell juga menegaskan, SpaceX memiliki kebijakan "toleransi NOL" bagi pelecehan.

“Secara pribadi, saya percaya tuduhan itu salah; bukan karena saya bekerja untuk Elon, tetapi karena saya telah bekerja sama dengannya selama 20 tahun dan tidak pernah melihat atau mendengar apa pun yang menyerupai tuduhan ini,” tulis Shotwell dalam surelnya. "Siapa pun yang mengenal Elon seperti saya, pasti tahu dia tidak akan pernah melakukan atau memaafkan dugaan perilaku tidak pantas ini," seperti dikutip VOI.

Kasus Tuduhan Pelecehan Seksual Elon Musk

Pekan lalu Business Insider merilis laporan yang menyatakan bahwa SpaceX membayar mantan pramugari perusahaan dengan uang sebesar 250.000 dolar AS (Rp 3,6 miliar) karena telah menuduh Elon Musk mengekspos dirinya sendiri dan disebut “melamarnya” sambil memijatnya.

Sejak kabar tersebut mencuat, Musk membantahnya meski dia berkata kepada Insider bahwa ada "lebih banyak lagi dari cerita ini" sambil menyebut artikel itu sebagai "hit piece bermotivasi politik."

"Jika saya cenderung terlibat dalam pelecehan seksual, ini tidak mungkin menjadi yang pertama terungkap dalam 30 tahun karier saya," terang Musk kepada Business Insider.

Dalam surelnya kepada karyawan perusahaan berjudul "Kisah berita terbaru," Shotwell berpendapat bahwa "setiap tuduhan pelecehan ditanggapi dengan sangat serius, terlepas dari siapa yang terlibat" dan bahwa divisi SDM SpaceX menyelidiki semua klaim yang diterimanya.

Dia tidak menyebutkan dugaan pembayaran  250.000 dolar AS. “Untuk alasan privasi, saya tidak akan pernah mengomentari masalah hukum apa pun yang melibatkan masalah ketenagakerjaan,” tulis Shotwell.

Artikel ini telah tayang dengan judul Presiden Space X Bela Elon Musk tentang Pelecehan Seksual, Shotwell: Tuduhan Itu Salah.

Selain kasus Elon Musk, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.