Intensitas Seks untuk Mencapai Kehamilan, Berapa Kali Anda Bercinta dalam Seminggu?
Ilustrasi (Juan Encalada/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Ketika sepasangan suami istri merencanakan kehamilan, seks bukan hanya menjadi kegiatan untuk bersenang-senang mendapatkan kenikmatan. Anda mungkin pernah berpikir, intensitas seks yang dibutuhkan agar segera dapat momongan itu seberapa? Berapa kali Anda perlu berhubungan badan dengan pasangan dalam seminggu untuk mencapai kehamilan? 

Untuk diketahui, belum ditemukan metode yang terbukti sangat efektif menyebabkan kehamilan. Namun, perubahan waktu dan frekuensi dalam berhubungan seks memiliki kemungkinan untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Dikutip VOI dari Amaltea Medical, hamil bisa terjadi kapan saja selama siklus menstruasi, bahkan jika sedang menstruasi. Inilah salah satu sebab metode KB seperti metode kalender tidak bisa diandalkan sepenuhnya dalam mencegah kehamilan.

Berapa Kali Seks untuk Bisa Hamil?

Hubungan seks tanpa kondom tidak selalu bermuara pada kehamilan, tetapi seseorang bisa saja hamil meski baru satu kali berhubungan seks. Namun jika dalam sekali sanggama belum membuahkan hasil, mungkin Anda penasaran berapa kali seks yang dibutuhkan untuk bisa hamil? 

Para ahli menyarankan untuk tidak berhubungan seks lebih dari sekali sehari. Hal tersebut bisa menurunkan jumlah sperma yang sehat.

"Itu salah satu kesalahpahaman yang dialami banyak orang. Hal terbesar yang tidak jelas adalah seberapa sering pasangan harus berhubungan badan agar cepat hamil," kata Wendy Chang, M.D., spesialis endokrinologi reproduksi di Pusat Reproduksi California Selatan.

Untuk mengetahui berapa kali berhubungan agar dapat hamil, usahakan untuk berhubungan seks setidaknya 3--4 kali dalam seminggu, sepanjang siklus. Ada teori bahwa sperma dapat membantu perkembangan embrio.

Ini berarti bahwa seks setelah ovulasi dan setelah benar-benar hamil, dapat membantu kehamilan tetap melekat. Jika jumlah sperma normal atau sehat yang terbaik adalah berhubungan seks setiap hari agar memiliki lendir serviks yang subur.

Anda dan pasangan bisa melakukan tes pendeteksian ovulasi yang positif, dan bisa melakukan tes pakis air liur yang positif. Volume dan konsentrasi sperma memang turun seiring dengan frekuensi ejakulasi, tetapi Mayo Clinic mencatat bahwa penurunan ini biasanya tidak menjadi masalah bagi pria sehat.

Ejakulasi Harian terhadap Kualitas Sperma

Studi yang dipublikasikan Science Daily juga menunjukkan bahwa ejakulasi harian dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma. 

"Jika sperma disimpan terlalu lama di saluran genital, oksidasi bisa terjadi," jelas Alan B. Copperman, MD, direktur divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Mount Sinai Hospital dan direktur medis dari Reproductive Medicine Associates of New York.

Jika sudah memetakan suhu basal, Anda bisa mengetahui perkiraan hari berovulasi setiap bulan. Dalam hal ini, Anda harus berhubungan seks selama 3 hari untuk menjawab pertanyaan berapa kali berhubungan agar dapat hamil, sebelum berharap untuk berovulasi dan mungkin pada hari yang Anda harapkan untuk berovulasi juga.

Namun, Anda tetap harus berhubungan seks selama siklus hanya untuk menjaga kualitas sperma dalam kondisi prima. Anda juga harus berusaha menyediakan waktu untuk menikmati seks tanpa terikat misi membuat bayi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Seberapa Sering Hubungan Seksual Perlu Dilakukan agar Cepat Hamil? Ini Pandangan Ahli.

Selain intensitas seks untuk dapat momongan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.