Jelang Lebaran, Sandiaga Uno Ingatkan Warga Terkait Prokes
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengimbau para calon pemudik jelang Lebaran untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah dirilis oleh pemerintah, terutama yang dilakukan melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait persiapan sektor parekraf untuk menyambut masa mudik Lebaran 2022.

"Jadi ini untuk protokol kesehatan, vaksinasi aktivasi. Aktivasi dari usaha-usaha pariwisata dan juga bagaimana menyiapkan petugas di pintu masuk. Menyiapkan scan aplikasi PeduliLindungi yang sempat hits kemarin. Tapi betul-betul untuk melindungi kita," jelas Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing secara virtual seperti keterangan tertulis yang dikutip VOI, Selasa 19 April.

Sandiaga Uno Terkait Momentum Kebangkitan Ekonomi Masa Lebaran

Sandiaga menilai aktivitas libur Lebaran akan menjadi kabar baik bagi para pelaku parekraf. Menurutnya, itu karena selama Idulfitri dua tahun sebelumnya, parekraf menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi paling parah. Oleh sebab itu, tahun ini akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi bagi masyarakat.

Di sisi lain, Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya melihat rata-rata pengeluaran wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 48 juta pemudik. Diprediksi ada Rp72 triliun pendapatan yang akan diraih oleh para pelaku parekraf.

"Jadi Rp72 triliun ini kemungkinan bisa lebih, jika kita perhitungkan lama masa liburan yang diperpanjang," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sandiaga Uno Minta Pemudik Patuhi Prokes Wanti-wanti Cegah Kasus Baru.

Selain pesan Sandiaga Uno, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.